Harga beras premium memang naik sampai Rp16 ribu, bahkan stok sempat kosong di ritel yang merupakan franchise besar. Oleh karena itu ASN Kota Mojokerto kita arahkan untuk membeli beras premium dari Bulog
Kota Mojokerto (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto, Jawa Timur Ali Kuncoro mengeluarkan surat edaran (SE) tentang Imbauan Pembelian Beras Premium bagi ASN di Lingkungan Pemkot Mojokerto.

Ali Kuncoro mengatakan SE Nomor 100.3.4.3/271/417.102.1/2024 tersebut dikeluarkan sebagai upaya pengendalian inflasi juga sebagai cara Pemkot Mojokerto untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga beras bagi masyarakat khususnya beras premium di Kota Mojokerto.

"Harga beras premium memang naik sampai Rp16 ribu, bahkan stok sempat kosong di ritel yang merupakan franchise besar. Oleh karena itu ASN Kota Mojokerto kita arahkan untuk membeli beras premium dari Bulog," katanya di Kota Mojokerto, Senin.

Dengan adanya imbauan tersebut, Ali menyampaikan agar beras yang ada di pasar lebih diperuntukkan bagi masyarakat, sehingga tidak terjadi panic buying.

"Mari kami jaga masyarakat supaya tidak panik menjelang Ramadhan. Serta jaga betul tingkat inflasi di Mojokerto agar di bawah rata-rata regional dan nasional serta menjaga daya beli masyarakat," katanya.

Dalam surat edaran yang ditanda tangani pada 20 Februari 2024 itu berisi sejumlah langkah kebijakan dalam pengendalian inflasi di antaranya dengan melibatkan semua pihak termasuk ASN Kota Mojokerto.

Pada SE tersebut diinstruksikan agar ASN Kota Mojokerto membeli beras premium melalui Koperasi Tri Madya yang menjadi bagian dari Pracangan TPID.

Dalam hal pembelian beras premium, melalui SE ini juga dilakukan pembatasan pembelian yakni maksimal 15 kilogram per bulan bagi setiap ASN. Serta dilarang memperjualbelikan kembali beras premium tersebut.

Sebelumnya Ali Kuncoro bersama Kapolres Mojokerto Kota AKBP Daniel. S. Marunduri juga sudah memastikan ketersediaan stok beras yang ada di Bulog. Stok tersebut masih mencukupi untuk 5-6 ke depan bagi 3 wilayah, yaitu Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang.

Baca juga: Pemkot Mojokerto pastikan pasokan beras aman menjelang Ramadhan

Baca juga: Dirjen IKMA resmikan sentra IKM batik Kota Mojokerto

Baca juga: Pemkot Mojokerto siapkan sepuluh proyek strategis tahun 2024

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024