Wisata olahraga air ini juga diharapkan memberikan kredibilitas dan kepercayaan diri bagi Indonesia untuk menyelenggarakan ajang bergengsi lainnya
Jakarta (ANTARA) - Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengungkapkan pihaknya melakukan beberapa penyesuaian ajang F1 Powerboat 2024, yang bakal digelar 2-3 Maret 2024 di Danau Toba, Sumatra Utara.

"Memang pembelajaran dari tahun lalu, ada beberapa penyesuaian yang kita lakukan, yang pertama cuaca," ujarnya dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan F1 Powerboat 2024 akan digelar pada pagi hari saat ombak Danau Toba yang menjadi lokasi balap, masih tenang, sehingga mampu memberikan keamanan bagi para pembalap.

Sementara, saat siang hari dengan ombak yang menantang, bakal digelar kejuaraan nasional jetski.

Gelaran sampingan (side event) itu juga sebagai perjalanan menuju AquaBike Jetski World Championship pada November mendatang serta menjaring atlet-atlet jetski nasional.

Menurut Maya, ajang balap yang digelar kedua kalinya di Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, ini juga bakal diramaikan dengan kehadiran budaya tradisional batak, sehingga diharapkan mampu menarik kunjungan wisatawan.

Sementara itu, Direktur Operasi PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Indonesian Tourism Development Corporation/ITDC) Troy Reza Waroka melaporkan kesiapan logistik ajang itu sudah hampir 100 persen.

"Bahkan, sejak beberapa hari yang lalu, kontainer beberapa sudah masuk, sudah turun dan ada kurang lebih 15 kontainer dengan berat sekitar 120 ton," ujarnya.

Ia menuturkan pembalap serta kru juga mulai berdatangan di Bandara Silangit, Sumatra Utara. Pihaknya juga melibatkan warga setempat melalui rangkaian kegiatan budaya.

Sementara itu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Events Kemenparekraf Vinsensius Jemadu menuturkan pihaknya mengapresiasi persiapan kegiatan ini.

Wisata olahraga air ini juga diharapkan memberikan kredibilitas dan kepercayaan diri bagi Indonesia untuk menyelenggarakan ajang bergengsi lainnya.

Vije, sapaan akrabnya, pun mengakui sejumlah kedeputian Kemenparekraf telah gotong royong mendukung kegiatan di antaranya Toba Fest hingga penampilan beberapa pelaku seniman lokal Sumatra Utara.

Baca juga: Kemenpora buat akademi sebagai cikal bakal tim F1 Powerboat Indonesia
Baca juga: Pemprov Sumut ajak masyarakat sukseskan F1 Powerboat 2024
Baca juga: Kejuaraan F1 Powerboat dongkrak perekonomian masyarkat

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024