Jakarta (ANTARA) - Daniil Medvedev mengatakan bahwa "mudah" untuk melupakan kekalahannya di final Australian Open dari Jannik Sinner, tidak seperti reaksinya terhadap kekalahannya dari Rafael Nadal di tahap yang sama dua tahun lalu.

Medvedev menyia-nyiakan keunggulan dua set di final Australian Open 2022 dan 2024, namun meski ia "masih kecewa" dengan hasil melawan Nadal, ia merasa senang dengan penampilannya melawan Sinner bulan lalu.

"Sejujurnya, 'melupakan' itu cukup mudah. Seperti yang saya katakan setelah pertandingan, saya merasa itu akan mudah karena saya memainkan turnamen yang hebat, saya memainkan final yang bagus," kata Medvedev, seperti disiarkan AFP, Senin.

Petenis peringkat empat dunia asal Rusia itu akan mengikuti turnamen pertamanya setelah Australian Open pekan ini di Dubai, di mana ia menjadi juara bertahan.

Medvedev melewatkan upaya mempertahankan gelarnya di Doha pekan lalu karena ia mengalami sejumlah masalah fisik –- pada kaki, otot adduktor, dan bahunya -- namun merasa siap untuk kembali ke lapangan setelah menghabiskan tujuh hari terakhir latihan di Dubai.

Baca juga: Medvedev tetap optimistis meski gagal juarai Australian Open

Medvedev, yang membuka upayanya melawan Alexander Shevchenko pada Selasa, telah membawa mantan peringkat enam dunia asal Prancis Gilles Simon masuk ke timnya untuk berkolaborasi dengan pelatih lamanya Gilles Cervara.

"Saya memikirkan Gilles Simon karena berbagai alasan. Dia memahami tenis dengan baik. Anda bisa melihatnya. Dia mampu mengalahkan saya dan membuat saya merasa tidak nyaman di lapangan," ujar Medvedev, yang kalah tiga kali dari empat pertemuannya dengan Simon sebelum petenis Prancis itu pensiun.

"Bersama-sama dua Gilles bisa mendiskusikan apa yang dia lakukan hingga membuat saya mendapat masalah, dan apa yang bisa kami lakukan dalam praktik untuk mengatasinya. Sejauh ini aku sangat menyukainya. Kami memiliki mentalitas yang sedikit sama."

Pada tahun lalu, Medvedev sedang dalam proses mencatatkan 19 kemenangan beruntun yang mengesankan, termasuk tiga gelar berturut-turut di Rotterdam, Doha, dan Dubai, serta penampilan runner-up di Indian Wells.

Tersingkir lebih awal di Australian Open 2023 dan penurunan satu pekan di luar 10 besar menjadi bahan bakar bagi laju impresifnya 12 bulan lalu dan dia mengakui bahwa dia merasa "benar-benar berbeda" saat tiba di Dubai kali ini.

Medvedev mengatakan serangkaian hasil di bawah standar di Grand Slam membuatnya kembali fokus menjelang Wimbledon tahun lalu, tetapi ia merasa peruntungannya di turnamen major harus mengorbankan hasil di turnamen kecil dalam enam bulan terakhir tahun 2023. .

“Turnamen lain, kecuali Grand Slam, saya tidak berhasil menemukan semangat yang Anda perlukan untuk memenangi turnamen karena Anda akan menghadapi pemain terbaik di dunia," kata petenis berusia 28 tahun itu.

"Itulah yang ingin saya coba kerjakan juga tahun ini, untuk memiliki kemampuan agar bisa memberikan seribu persen seperti yang saya lakukan di Grand Slam, tapi juga bisa memberi semangat yang cukup di turnamen lain. Itu yang pertama. di mana aku akan mulai besok."

Medvedev akan mengincar gelar ATP ke-21 di Dubai dan berusaha mempertahankan trofi untuk pertama kalinya dalam kariernya. Dia telah memenangi 20 gelar di 20 turnamen berbeda.

Baca juga: Medvedev dan Sinner bersiap untuk ukir nama di trofi Australian Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024