Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan bahwa penyelenggaraan kejuaraan dunia perahu motor super cepat atau F1 Powerboat di Danau Toba, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, menjadi momentum untuk mengembangkan wisata olahraga (sport tourism) di Indonesia.
 
Dito menjelaskan, ajang itu akan menciptakan multiplier effect atau berefek banyak, karena menggabungkan sisi pariwisata, ekonomi, dan peningkatan prestasi olahraga nasional.
 
"Jadi penyelenggaraan ini merupakan salah satu konsep dari penggabungan olahraga, pariwisata, dan juga ekonomi serta budaya," kata Dito dalam konferensi pers yang diikuti ANTARA dari Jakarta, Selasa.
 
Ia membeberkan, pengembangan sport tourism di Danau Toba semakin diminati oleh masyarakat Indonesia, karena dilaksanakan di tempat yang memiliki keindahan alam yang nyaman, sehingga semua pihak diimbau untuk membantu mempromosikan setiap kegiatan yang diselenggarakan.
 
Selain penyelenggaraan olahraga jet air seperti powerboat, pemerintah juga mendorong perlombaan perahu dayung Solu Bolon yang merupakan kearifan lokal atau warisan budaya masyarakat di sekitar kawasan danau vulkanik terbesar itu.


Baca juga: Kemenparekraf siapkan kegiatan sampingan dalam F1 PowerBoat 2024
 
Lebih lanjut, Dito membeberkan, pemerintah juga sudah bersepakat dengan F1H2O Racing dan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney untuk membuat akademi F1 powerboat dan aquabike di Danau Toba.
 
Akademi itu, sambung Dito, akan menjadi cikal bakal terbentuknya Tim F1 Powerboat dan Aquabike Indonesia, sehingga bisa meningkatkan prestasi olahraga dengan level internasional.
 
"Ditargetkan pada 2027 paling lama sudah terbentuk tim F1 Powerboat Indonesia, sedangkan aquabike tahun depan Insyaallah sudah bisa berkompetisi dalam kejuaraan internasional," ujar menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.
 
Ia menambahkan, pengembangan wisata olahraga juga terbukti menghibur masyarakat, karena selalu diisi dengan agenda sampingan atau side event, sehingga mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung.
 
Oleh karena itu, dia mengajak kepada seluruh pihak untuk bersama-sama mempromosikan dan meramaikan kegiatan tersebut, karena berdampak positif untuk negara dan masyarakat.
 
Pada 2-3 Maret nanti, Indonesia untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah penyelenggaraan balapan perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) seri Danau Toba.
 
Olahraga yang setara dengan balapan jet darat atau Formula 1 (F1) itu direncanakan digelar di Dermaga Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut).
 
Di Indonesia, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menjadi penggawa atau penyelenggara utama kegiatan kelas dunia tersebut.

Baca juga: Kemenpora buat akademi sebagai cikal bakal tim F1 Powerboat Indonesia

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024