Kita sebagai pendukung kegiatan sampingan ada wisata untuk diplomat
Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Events Kemenparekraf Vinsensius Jemadu mengungkapkan, pihaknya menyiapkan kegiatan sampingan (side event) dalam ajang balap F1 PowerBoat 2024.
 
“Kita sebagai pendukung kegiatan sampingan ada wisata untuk diplomat ya, supaya teman-teman kedutaan besar sini bisa menginfokan ke negaranya bahwa ada kegiatan ini,” ujar Vije sapaan akrab Vinsensius Jemadu saat ditemui di Jakarta, Senin.
 
Melalui upaya itu, diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisman hingga hingga 15 persen dibandingkan capaian kunjungan F1 PowerBoat tahun lalu.
 
“Namun wisman kita tetap di 10-15 persen (target) yang datang apalagi kita sebagai pendukung kegiatan sampingan,” jelasnya.
 
Ia juga menargetkan jumlah penonton yang hadir secara langsung menonton ajang balap air yang digelar pada 2-3 Maret 2024 di Danau Toba ini mencapai 110.000-120.000 penonton, sementara gelaran tahun lalu tercatat sebanyak 100.000 penonton yang hadir secara langsung.
 
Sementara dari sisi dampak ekonomi, pihaknya menargetkan mampu memberikan kontribusi ekonomi sebesar Rp500 miliar. Target ini meningkat bila dibandingkan dengan capaian gelaran F1 PowerBoat pada 2023 yang tercatat sebesar Rp319 miliar.

Dukungan lain Kemenparekraf, lanjut dia, dengan memfasilitasi UMKM dari desa-desa wisata dalam pameran yang dihadirkan setelah melewati proses kurasi.

"Kita kan ada desa-desa wisata yang kita kurasi di sana. Ada sekitar 15 persen penambahan UMKM dari UMKM yang ada," ujarnya.

Baca juga: InJourney lakukan beberapa penyesuaian ajang F1 Powerboat 2024
Baca juga: Bupati Toba targetkan 80.000 penonton di kejuaraan F1 Powerboat
Baca juga: Bupati Toba: Persiapan F1 Powerboat sudah 92 persen

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024