Personel kepolisian ini jumlahnya terbatas dalam mengawasi wilayah, jadi perlu adanya bantuan dari warga
Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Selatan mengajak warga untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) khususnya dalam rangka mencegah aksi tawuran yang marak menjelang dan saat bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.

"Personel kepolisian ini jumlahnya terbatas dalam mengawasi wilayah, jadi perlu adanya bantuan dari warga," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol. Ade Rahmat Idnal di Jakarta, Rabu.

Menurut dia pada bulan Ramadhan perlu adanya antisipasi bersama dalam rangka meningkatkan kamtibmas, karena pada momentum tersebut biasanya terjadi peningkatan gangguan kamtibmas.

Untuk itu, Kombes Ade mengajak warga bersama-sama menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing, dan ketika terjadi gangguan langsung menghubungi anggota yang bertugas maupun telepon ke pusat layanan bebas pulsa 110.

Ade menuturkan pencegahan aksi kejahatan akan jauh lebih baik, untuk itu ketika ada tanda-tanda akan terjadinya tawuran maupun kejahatan lain, maka pihaknya meminta warga agar dapat melakukan pencegahan.

"Untuk itu perlu kita waspadai dan berupaya mencegah lebih awal," tuturnya.

Ade menambahkan keberadaan poskamling di masing-masing daerah juga mempunyai peran penting dalam menjaga keamanan wilayah di lingkungan karena ini akan lebih efektif.

"Kami meminta unsur tiga pilar membentuk kelompok sadar kambitbmas (pokdarkamtibmas) melibatkan  RT dan RW bersama-sama menjaga wilayah agar aman dan kondusif," kata Ade saat berdialog bersama warga Kelurahan Kalibata di Poskamling RW.07.

Sementara itu, Ketua RW 07, Kelurahan Kalibata, Kecamatan Pancoran, Jaksel Edy Sudarsono mengatakan adanya dialog ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi warga agar tetap menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing.

"Dialog ini dalam rangka mencari solusi dan sebagai penyemangat serta motivasi untuk menjaga lingkungan," katanya.
Baca juga: Polres Jakarta Utara berdayakan Satkamling jaga keamanan lingkungan
Baca juga: Cegah gangguan Kamtibmas, Kapolres sambangi kawasan padat penduduk 
Baca juga: Sudin KPKP Jakpus lakukan pengawasan pangan di pusat perbelanjaan

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024