Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Kalideres di Jakarta Barat bakal mendirikan sejumlah posko termasuk untuk pemeriksaan kesehatan menjelang Idul Fitri 1455 Hijriah atau Lebaran 2024. 

Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen mengatakan bahwa masyarakat umum dapat memanfaatkan posko-posko yang bakal didirikan termasuk memeriksa kesehatan.

"Itu posko kesehatan gratis, siapa saja, masyarakat boleh (periksa kesehatan) di situ nanti," ungkap Revi di Jakarta pada Jumat.

Revi mengatakan bahwa pelayanan posko kesehatan tersebut akan dibantu oleh Jasa Raharja dan Palang Merah Indonesia (PMI)."Kita nanti juga dibantu biasanya oleh Jasa Raharja, PMI," kata Revi.

Baca juga: Terminal Kalideres uji kelaikan kendaraan pralebaran

Revi mengatakan bahwa posko kesehatan akan dibuka bersamaan dengan posko lainnya seperti posko pengamanan terpadu, posko pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check), posko istirahat pengemudi dan ruang laktasi ibu menyusui.

"Posko terpadu, posko kesehatan, posko 'ramp check', kemudian juga ada pos istirahat pengemudi serta ruang laktasi ibu menyusui," kata Revi.

Posko-posko tersebut, kata Revi, akan didirikan 12 hari atau 10 hari sebelum lebaran. "Kita akan menyiapkan posko-poskonuntuk angkutan lebaran. Nanti di 12 hari atau 10 hari menjelang lebaran kita siapkan posko," kata Revi.

Pengelola Terminal Kalideres melakukan uji kelaikan kendaraan (ramp check) pralebaran 2024 selama 11 hari, mulai dari Selasa (19/2) sampai Sabtu (2/3).

Baca juga: Terminal Kalideres bentuk posko untuk kawal libur Natal dan tahun baru

Hal itu dilakukan untuk memastikan kinerja komponen pada kendaraan yang akan mengangkut penumpang tidak mengalami kerusakan dan dapat bekerja dengan baik.

"'Ramp check' bus itu kan uji kelaikan jalan, yang meliputi sistem rem, sistem roda, sistem kemudi, sistem lampu, supaya dipastikan komponen yang ada pada kendaraan itu berfungsi dengan baik," ungkapnya.

Revi mengatakan, dari 130 perusahaan otobus (PO) di Terminal Kalideres, 30 bus diuji setiap harinya dalam 11 hari masa uji kelaikan pralebaran 2024.

"Kalau untuk PO bus yang beroperasi itu lebih kurang ada 130 PO. Rata-rata 30 bus kita uji setiap harinya," kata Revi.
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024