Kabupaten Toba, Sumatera Utara (ANTARA) -
PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, berkomitmen untuk membangun pariwisata yang ramah lingkungan di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, sehingga tidak merusak keindahan alam yang ada di danau tersebut.
 
Penanggung Jawab Sementara (Pjs) Senior Vice President (SVP) Corporate Secretary, Yudhistira Setiawan, mengatakan bahwa pihaknya sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berupaya mewujudkan "green tourism" yang tetap akan menjaga kelestarian lingkungan dan mengedukasi wisatawan untuk mencintai alam.
 
"Beberapa hari lalu, kami menanam seribu pohon di Desa Silalahi, Balige yang dekat dengan lokasi penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba 2024," kata Yudhistira dalam konferensi pers di lokasi penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba 2024, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Sabtu.
 
Ia menekankan, InJourney tidak hanya fokus pada pembangunan pariwisata melalui atraksi atau kegiatan watersport seperti F1 powerboat, tetapi juga ikut serta menjaga keberlangsungan alam.
 
"Kami berkomitmen untuk mengembangkan sustainable tourism (pariwisata berkelanjutan), yang mengedepankan green tourism, sehingga tidak hanya membuat event saja," ujar dia.

Baca juga: InJourney-BRI tanam seribu pohon di pesisir Danau Toba
Baca juga: Menpora: F1 Powerboat Danau Toba momentum pengembangan "sport tourism"
 
Yudhistira membeberkan, rencana itu bahkan didukung oleh promotor F1 Powerboat, yaitu F1H2O Racing yang juga melakukan penanaman pohon bersama para pembalap perahu motor super cepat itu.
 
"Jadi F1H2O Racing tidak hanya menyelenggarakan event balapan saja, tetapi juga intens untuk menjaga keberlangsungan alam di sekitar tempat penyelenggaraan balapan," kata dia.
 
Mulai hari ini dan Minggu (3/3), Indonesia untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah penyelenggaraan balapan perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) seri Danau Toba.
 
F1 Powerboat tahun ini diikuti 18 pembalap dari sembilan tim dan berasal dari 10 negara.
 
Penyelenggaraan powerboat seri pembuka ini juga spesial, karena merupakan edisi ke-300 sejak diselenggarakan pada 1984 di 39 negara.
 
Di Indonesia, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menjadi penggawa atau penyelenggara utama kegiatan yang setara dengan balapan jet darat atau Formula 1 (F1) itu.

Baca juga: Bertalu-talu kembangkan Danau Toba melalui F1 Powerboat
Baca juga: Menko Luhut minta bupati turun tangan menjaga kebersihan Danau Toba

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024