Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, menyiapkan mudik gratis bagi warganya yang merantau di Yogyakarta dan sekitarnya untuk pulang kampung pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah pada April 2024.

"Mudik gratis tersebut telah disosialisasikan pada pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Musi Banyuasin (IKPM Muba) Yogyakarta periode 2023-2025, dan silaturahmi dengan Forum Masyarakat Muba di Yogyakarta (Fosmabayo) baru-baru ini," kata Penjabat (Pj) Sekda Muba Musni Wijaya di Sekayu, Sabtu.

Dia mengatakan warga, pelajar, dan mahasiswa asal Muba yang merantau di Yogyakarta dan sekitarnya dapat memanfaatkan program mudik gratis jika ingin pulang kampung pada Lebaran 2024.

"Program mudik gratis ini disediakan Pemkab Muba untuk membantu warga, pelajar, dan mahasiswa yang akan merayakan Lebaran Idul Fitri 2024 bersama keluarga di Bumi Serasan Sekate ini," ujarnya.

Baca juga: Kemen BUMN tegaskan bakal gelar kembali Mudik Gratis BUMN

Menurut dia, tahun ini Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud memfasilitasi mudik gratis bagi warga, pelajar, dan mahasiswa Muba yang ada di Pulau Jawa lebih banyak dari Idul Fitri 2023.

"Untuk melayani mudik gratis itu disiapkan enam bus untuk kuota 240 orang," ujarnya.

Menurut dia, pelayanan mudik gratis ke Muba beberapa pekan menjelang Lebaran 2024 dengan titik kumpul keberangkatan di Yogyakarta dan beberapa titik pemberhentian di Bandung dan Jakarta.

"Tahun lalu hanya 100 orang, namun tahun ini Pj Bupati Apriyadi meningkatkan kuotanya menjadi 240 orang. Jadi, silakan mendaftar mulai sekarang untuk program mudik gratis," ujar Musni Wijaya.

Baca juga: Kemenhub selenggarakan program mudik gratis Lebaran 2024

Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud menambahkan bahwa program mudik gratis telah dianggarkan melalui Dinas Perhubungan Muba.

Untuk pendaftaran mudik gratis, bisa melalui google form yang sudah disediakan oleh Dinas Perhubungan Muba.

"Peserta mudik gratis akan mendapatkan fasilitas makan dua kali selama perjalanan (buka puasa dan sahur), bus dengan fasilitas pendingin udara (AC) dan toilet dijadwalkan keberangkatannya pada 30 Maret 2024," kata Apriyadi.

Pembina IKPM Muba Yogyakarta Yulan Hernedi mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Muba dalam memfasilitasi warganya yang ada di perantauan dengan program mudik gratis serta program beasiswa.

Baca juga: Mudik gratis DKI 2024 sediakan ratusan bus untuk tampung 27 ribu orang

Perhatian pemkab tersebut memberi semangat para pelajar dan mahasiswa asal Muba dalam mengikuti kegiatan belajar dan meraih prestasi.

"Tentu kita semua menaruh harapan besar bagi adik-adik mahasiswa yang kelak akan kembali ke daerah dan turut membantu pemerintah membangun Kabupaten Musi Banyuasin. Untuk itu manfaatkanlah fasilitas yang diberikan dengan sebaik-baiknya supaya nanti bisa berkontribusi bagi kemajuan daerah," ujar Yulan.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024