Palangka Raya (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan menggelar pelatihan singkat pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) bagi perguruan tinggi di wilayah kerja LLDIKTI Wilayah XI.

Kepala LLDIKTI wilayah XI Kalimantan Dr Drs Muhammad Akbar MSi saat membuka acara pelatihan yang dilaksanakan secara luring dan daring di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis (7/3/2024) mengatakan, pelatihan ini diharapkan semakin memaksimalkan proses pemilihan Pilmapres oleh perguruan tinggi.

"Sehingga perguruan tinggi mampu mengetahui ketentuan terbaru sehingga semakin siap menyeleksi, menentukan serta mendampingi calon Pilmapres yang mengikuti seluruh tahapan seleksi," kata Muhammad Akbar.

Dia mengatakan, Pilmapres merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh pusat prestasi nasional yang ada di bawah naungan Kemenristekdikti.

Tujuannya untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agenda perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

LLDIKTI XI Kalimantan pun terus mendorong perguruan tinggi di wilayahnya untuk memaksimalkan program ini sebagai salah satu program dalam memfasilitasi mahasiswa berprestasi untuk mengembangkan diri.

Pada acara yang digelar secara daring dan luring ini, LLDIKTI XI Kalimantan turut mengundang 119 perguruan tinggi di regional Kalimantan terdiri dari satu dosen dan satu mahasiswa.

Turut hadir sebagai pemateri pada kegiatan itu adalah Dr Akhmad Yafiz Syam MSi dari STIE Indonesia Banjarmasin, Ratna SPd MPd dari Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin Dan UIN Antasari.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan diskusi mulai dari pembahasan syarat dan ketentuan untuk mengikuti seleksi Pilmapres, tips bagi perguruan tinggi baru untuk menyeleksi dan menyiapkan calon Pilmapres.

Kemudian juga perlunya dosen yang memberi perhatian khusus terhadap perkembangan kemampuan mahasiswa, bentuk dukungan perguruan tinggi dalam pengembangan mahasiswa dan lainnya.

Salah satu pemateri, Ratna menerangkan bahwa mahasiswa berprestasi adalah mahasiswa yang mampu meraih beragam prestasi yang membanggakan di bidang akademik.

Mahasiswa berprestasi juga harus mampu memberikan kontribusi nyata, menunjukkan komitmen, kepedulian terhadap masyarakat sebagai bentuk representasi nasionalisme, kecerdasan sosial, emosional dan spiritual.
"Universitas juga harus memahami syarat-syarat bagi peserta serta mengetahui tahapan dan jadwal Pilmapres. Program harus dimanfaatkan perguruan tinggi sebagai salah satu program pengembangan kualitas mahasiswanya," katanya.
 
 
 
 
 

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024