Jakarta (ANTARA) - FORTUNE Indonesia Summit 2024, sebuah platform bagi multistakeholder yang melibatkan para pembuat kebijakan dan pelaku bisnis paling berpengaruh di Indonesia, resmi dibuka pada 7 Maret 2024 di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta.

FORTUNE Indonesia Summit 2024 mengangkat tema Forward Thinking, Acceleration, and Sustainability.

CEO IDN Media Winston Utomo pada pembukaan acara menyampaikan bahwa menjalankan sebuah bisnis bukan hanya soal profit atau pendapatan semata, melainkan juga harus mendatangkan dampak positif bagi masyarakat luas.

"FORTUNE Indonesia Summit adalah konferensi bisnis yang melibatkan pemimpin masa depan Indonesia. Dengan membawa tiga tema besar, Forward Thinking, Acceleration, dan Sustainability, kami berharap kegiatan ini dapat memberikan insight penting bagi ekosistem bisnis di Indonesia yang lebih maju dan memiliki dampak positif yang berkelanjutan," kata Winston.
 
Sambutan CEO IDN Media Winston Utomo dalam pembukaan FORTUNE Indonesia Summit 2024. (ANTARA/HO-Fortune Indonesia)


Gelar wicara pertama FORTUNE Indonesia Summit 2024 bertajuk The Evolution of Technology: Where Humans Collaborate with Machines, membahas perkembangan teknologi yang membawa perubahan pada berbagai aspek kehidupan serta bagaimana mengoptimalkan efisiensi dan inovasi-inovasi yang dihasilkan.

Acara itu menghadirkan President & CEO PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra dan Chief Technology Officer Tokopedia Herman Widjaja.
 
Kiri ke kanan: Bayu Satito (Reporter FORTUNE Indonesia), Irfan Setiaputra (President & CEO PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk), Herman Widjaja (Chief Technology Officer Tokopedia). (ANTARA/HO-Fortune Indonesia)


Dalam gelar wicara tersebut, Irfan mengemukakan perlunya menetapkan transformasi teknologi yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan penumpang.

"Sebagai industri penerbangan, pelayanan yang membuat penumpang merasa nyaman adalah hal yang sangat kami tekankan. Oleh karena itu, kami harus selalu responsif terhadap kebutuhan mereka, termasuk menyediakan layanan WiFi dan hiburan di dalam pesawat," kata Irfan.

Herman juga menekankan pentingnya identifikasi masalah untuk meningkatkan pelayanan pelanggan melalui penggunaan data science.

"Kami mengakui bahwa mengidentifikasi masalah dengan akurat merupakan langkah kunci dalam proses inovasi. Kami juga memahami betapa pentingnya layanan pengiriman antar kota dalam memastikan pengalaman belanja yang unggul bagi pelanggan kami. Dengan menggunakan data secara cerdas, kami bertekad untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih baik bagi masyarakat," kata Herman.
 
Kiri ke kanan: Hendra Soeprajitno (Editor-in-Chief FORTUNE Indonesia), Roy Kosasih (President Director IBM Indonesia), dan Suroso Isnandar (Direktur Manajemen Risiko PT PLN (Persero). (ANTARA/HO-Fortune Indonesia)


Diskusi inspiratif FORTUNE Indonesia Summit 2024 kemudian berlanjut dengan pembahasan menarik seputar teknologi kecerdasan buatan atau AI.

President Director IBM Indonesia Roy Kosasih dan Direktur Manajemen Risiko PT PLN (Persero) Suroso Isnandar berpartisipasi dalam sesi diskusi bertajuk Leveraging Technology and AI for Strategic Business Decision-Making.

Diskusi ini menyoroti bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan teknologi dan data untuk membuat keputusan yang lebih tepat dan efisien dalam menghadapi tantangan yang kompleks.

Roy menekankan pentingnya menerapkan teknologi dan kecerdasan buatan dalam konteks perkembangan perusahaan, yang telah diimplementasikan di IBM Indonesia untuk mendukung pengambilan keputusan strategis.

"Kami telah menyaksikan bagaimana teknologi dan AI tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga memberikan pemimpin wawasan yang mendalam untuk membuat keputusan yang lebih bijaksana dan tepat sasaran," kata Roy.

Penggunaan teknologi dan AI juga menjadi kunci untuk menghadapi tantangan kompleks di industri energi.

"Kami telah memanfaatkan teknologi untuk memantau jaringan distribusi kami dengan lebih akurat, menganalisis data konsumsi energi, dan meramalkan kebutuhan energi di masa depan," kata Isnandar.

Dengan pendekatan ini, PLN dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan efisien dalam mengelola infrastruktur energi yang kritis.
Executive Chairman IBM Indonesia, Omar Anwar, dalam sesi talkshow FORTUNE Indonesia Summit 2024. (ANTARA/HO-Fortune Indonesia)


Sesi FORTUNE Indonesia Summit 2024 kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama Executive Chairman IBM Indonesia Omar Anwar, Direktur PT Bank Central Asia Tbk Haryanto T. Budiman, dan CEO PT Mowilex Indonesia Niko Safavi.

Dalam sesi yang bertajuk ESG : An Urgent Call to Action, para narasumber berbagi pandangan mengenai bagaimana perusahaan dapat memperkuat komitmen mereka terhadap keberlanjutan lingkungan, tanggung jawab sosial, dan tata kelola yang baik untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Haryanto mengatakan bahwa perusahaan memiliki tanggung jawab besar untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

"Kami telah mengambil langkah-langkah nyata untuk memperkuat komitmen kami terhadap ESG. Kami secara aktif mengintegrasikan praktik-praktik ESG ke dalam semua aspek operasional kami, dari pengelolaan risiko lingkungan hingga dukungan terhadap inisiatif sosial yang berkelanjutan," ujar Haryanto.

Dengan pendekatan ini, BCA tidak hanya ingin mencapai kesuksesan bisnis, tetapi juga menjadi agen perubahan yang berkelanjutan dalam masyarakat.

Diskusi inspiratif FORTUNE Indonesia Summit 2024 diikuti dengan puncak Awarding Session untuk FORTUNE Indonesia 40 Under 40, Businessperson of The Year, dan Change The World.

Informasi lebih lanjut mengenai acara FORTUNE Indonesia Summit 2024 dapat dilihat melalui situs web fortunesummit.fortuneidn.com atau akun Instagram resmi @fortune.idn.

Baca juga: FORTUNE Indonesia Summit 2024 usung cara berpikir maju
​​​​​​​
Baca juga: Irfan Setiaputera masuk "Businessperson of The Year" versi Fortune

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024