Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 15 pemain yang terpilih menjadi bagian Indonesia Patriots akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Lithuania.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu, sebanyak 15 pemain terpilih tersebut menjadi bagian Tim Nasional Indonesia Patriots usai melewati proses seleksi
yang dilakukan oleh PP PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) dan Lithuanian Basketball Federation LTU Basketball) di GOR CLS Dharmahusada dan GOR CLS Kertajaya, Surabaya, 3-6 Maret.

“Secara fisik, tinggi badan pemain yang berada di grup ini sangat mencukupi. Dengan waktu dan pengasahan keterampilan secara tepat, mereka akan dapat menjadi pemain yang signifikan," kata Sekretaris Jenderal LTU Basketball Mindaugas Balciunas.

"Secara keseluruhan,
kami sangat senang dengan apa yang kami lihat. Dengan pemain-pemain muda yang terpilih ini, kami yakin bahwa Indonesia dapat menjadi tim tangguh yang bermain dengan sangat baik di Asia," tambahnya.


Proses seleksi dilakukan mulai dari scouting 100 pebasket muda yang berasal dari 11 kota di seluruh Indonesia mulai dari Jakarta, Tangerang, Makassar, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Denpasar, Palembang, dan Manado.

Proses scouting
ini terbuka untuk pebasket pria Indonesia berusia 13–18 tahun yang memiliki tinggi badan minimal 180 cm.

Tim LTU Basketball diwakili oleh Coach Marius Kiltinavicius dan Valdemaras Chomicius, pebasket legendaris yang merupakan mantan kapten tim bola basket Lithuania yang merebut medali perunggu di Olimpiade Barcelona 1992.

​​​​Adapun program pelatihan Indonesia Patriots di Lithuania ini merupakan buah hasil dari Nota Kesepakatan (Memorandum of Understanding) antara PP PERBASI dengan LTU Basketball yang ditandatangani pada akhir bulan Oktober 2023.

Baca juga: Perbasi genapkan 100 pebasket muda untuk seleksi Indonesia Patriots

“Dengan adanya kerja sama antara PP PERBASI dan LTU Basketball ini, saya yakin Indonesia akan mendapatkan hasil yang bermanfaat yaitu dengan menimba ilmu pengetahuan dan keunggulan di bidang bola basket yang dimiliki oleh Lithuania," kata Deputy Honorary Consul-General Lithuania di Indonesia Gianita Kadarisman.

"Saya berharap standar 
tinggi yang diterapkan oleh LTU Basketball dalam pelatihan bola basket di Lithuania dapat menjadi inspirasi bagi pebasket Indonesia untuk dapat meningkatkan keterampilan mereka sehingga dapat main lebih baik lagi,” imbuh Gianita.

Saat ini, PP PERBASI sedang melakukan finalisasi atas perencanaan pelatihan di Lithuania termasuk mengenai jadwal keberangkatan, durasi program, dan jadwal sekolah Indonesia Patriots.

“Jadi begitu ya, PERBASI sejak awal sudah memikirkan
mengenai bagaimana kalian nanti bisa terus sekolah. Harap tunggu undangan selanjutnya. Kami sedang berkoordinasi dengan Kemendikbud dan akan berbicara dengan kepala sekolah kalian masing-masing,” ucap Ketua Umum PP PERBASI Danny Kosasih.

Baca juga: Andy Batam sebut Perbasi harus selektif ketat untuk Indonesia Patriots
Baca juga: Upaya mencari bakat basket muda bertinggi tubuh minimal 180 cm

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024