Jakarta (ANTARA) - Danone Indonesia bersama dengan Karyawan Muslim Danone Indonesia (KARISMA) ikut menyalurkan bantuan dana senilai total Rp 630 juta melalui Kedutaan Besar Palestina di Indonesia.

“Kami juga berharap, pada akhirnya rakyat Palestina bisa mendapatkan kehidupan layak seperti yang kita rasakan,” kata Ketua KARISMA Harsa Fardiyan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Harsa menuturkan seluruh anggotanya yang berjumlah 13 ribu orang di seluruh Indonesia, berhasil mengumpulkan dana bantuan sebanyak Rp130 juta.

Baca juga: BAZNAS RI masih buka donasi untuk Palestina

Pengumpulan dana bantuan itu difokuskan untuk membantu meringankan beban masyarakat di Palestina yang menjadi korban konflik Israel-Palestina di mana seperti yang diketahui konflik masih terus berlanjut hingga hari ini.

Sebelumnya, ia menjelaskan pada bulan November 2023 hal serupa juga telah dilakukan Danone Indonesia yang mengirimkan bantuan kemanusiaan sebesar Rp2 miliar melalui Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) serta Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) dengan masing-masing nilai sebesar Rp1 miliar.

“Bantuan yang diberikan ini merupakan amanah dari seluruh karyawan dan keluarga besar Danone Indonesia atas kepedulian mereka terhadap rakyat Palestina,” ujarnya.

Baca juga: Laziznu Jatim salurkan donasi ke Palestina Rp14,4 miliar

Dilanjutkan pada Desember 2023, perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) itu turut memberikan bantuan kemanusiaan senilai Rp250 juta kepada masyarakat Palestina melalui kemitraan dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag).

Harsa juga menyebut masih di bulan yang sama, pihaknya bersama Lazisnu bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut (AL) mendistribusikan bantuan berupa air mineral. Bantuan dalam bentuk Aqua sebanyak puluhan ribu botol diserahkan langsung kepada TNI AL di Kapal Rumah Sakit dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Deputy Ambassador Palestina Ahmed Metani selaku penerima donasi mengapresiasi seluruh masyarakat Indonesia yang telah ikut memberikan bantuan. Ia mengaku senang karena dukungan masyarakat yang cukup kuat kepada rakyat Palestina.

Baca juga: Gubernur serahkan donasi masyarakat NTB Rp2 miliar untuk Palestina

"Saya sangat senang menerima pihak Danone Indonesia, bukan hanya karena bantuan yang diberikan tetapi juga dukungan dari perusahaan kepada masyarakat di Gaza, Palestina. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih," ujarnya.

Apresiasi yang sama juga disampaikan Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Mokhamad Mahdum. Ia mengatakan pada bulan yang sama, Danone Indonesia juga mengirim lagi bantuan kemanusiaannya sebesar Rp500 juta melalui Baznas.

Menurutnya, penyerahan bantuan kemanusiaan melalui Baznas itu merupakan serangkaian bentuk kepedulian Danone Indonesia terhadap krisis yang terjadi di Palestina.

Baca juga: BAZNAS (BAZIS) DKI salurkan donasi Rp3 miliar untuk warga Palestina

Baca juga: Kemenag Sumsel himpun donasi Rp1,72 miliar untuk Palestina


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024