Jakarta (ANTARA) - Beberapa peristiwa hukum kemarin (13/3) menjadi sorotan, di antaranya upaya Polri memburu bos sindikat perdagangan narkotika Fredy Pratama di Thailand sampai sidang pembacaan eksepsi eks menteri pertahanan Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Berikut beberapa berita hukum rangkuman ANTARA yang menarik kembali dibaca:

Klaim jadi pahlawan saat COVID-19, SYL berharap eksepsinya diterima

Menteri Pertanian periode 2019–2023 Syahrul Yasin Limpo (SYL) berharap nota keberatan atau eksepsinya bisa diterima majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi karena mengklaim dirinya telah menjadi pahlawan selama pandemi COVID-19.

"Saya berharap eksepsi itu bisa disadur dengan baik. Empat tahun saya kendalikan makanan rakyat pada saat COVID-19," ucap SYL saat ditemui usai sidang pembacaan eksepsi di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

7 anggota PPLN Kuala Lumpur didakwa palsukan data dan daftar pemilih

Tujuh orang terdakwa yang merupakan anggota non-aktif Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur didakwa memalsukan data dan daftar pemilih luar negeri Pemilu 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia.

“Bahwa terdakwa telah dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum memalsukan data dan daftar pemilih, baik yang menyuruh, yang melakukan, atau yang turut serta melakukan,” ucap Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Agung di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Polri pastikan Fredy Pratama masih di Thailand

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Polisi Mukti Juharsa memastikan Fredy Pratama masih berada di Thailand dan tidak berpindah tempat karena posisinya berada di hutan.

"Saya yakin dia masih di Thailand, tetapi di dalam hutan," kata Mukti di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

KPK sidik dugaan korupsi pengadaan lahan tol Trans Sumatera

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan telah melakukan penyidikan dugaan korupsi terkait pengadaan lahan sekitar Tol Trans Sumatera.

"Karena adanya indikasi kerugian keuangan negara yang timbul dalam proses pengadaan lahan di sekitar Tol Trans Sumatera yang dilaksanakan oleh salah satu BUMN PT HK (Persero), KPK kemudian menindaklanjuti dengan melakukan penyidikan," kata Ali di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

KPK jadwalkan pemanggilan ulang Ahmad Sahroni

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemanggilan ulang terhadap Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni pada Jumat (22/3) untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan tersangka mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Dijadwalkan Jumat 22 Maret 2024 sebagaimana konfirmasi dari yang bersangkutan," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024