Jakarta (ANTARA) - Sebanyak tiga pembalap Indonesia menguasai podium race 1 seri perdana Asia Road Racing Championhip (ARRC) 2024 kelas Asia Production 250 (AP250) di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand, Sabtu.

Ketiga pembalap itu adalah dua pembalap asal Yamaha Racing Indonesia yang meraih podium satu dan dua, Muhammad Faerozi Toreqotullah dan Arai Agaska Dibani Laksana serta satu pembalap dari Astra Honda Racing Team (AHRT) sebagai penantang gelar terkuat musim lalu Herjun Atna Firdaus yang meraih podium ketiga.

Persaingan ketat tersaji sejak awal balapan di mana Herjun yang memulai balapan dari P2 memimpin balapan, diikuti Faerozi di posisi kedua, sementara Mohammad Kiandra Ramadhipa di posisi keempat. Memasuki lap kedua, posisi kedua Faerozi di-overtake oleh Ramadhipa di tikungan terakhir.

Pembalap Vietnam Cao Viet Nam lalu menyodok naik ke posisi pertama pada lap kelima dan di sisi lain Faerozi masih mengamankan posisi podium kedua, dengan dua pembalap AHRT Kiandra berada di posisi ketiga dan Herjun turun ke posisi kelima.

Memasuki lap ketujuh, Faerozi masih menjaga posisi podium dengan dua pembalap teratas Herjun dan Cao yang saling berebut posisi pertama.

Faerozi sempat kehilangan podium setelah ia turun ke posisi keempat, tetapi tak berselang lama kemudian ia kembali menghuni posisi ketiga pada lap terakhir dengan masih menjaga jarak dari dua pembalap teratas Cao dan Herjun.

Baca juga: Pesan ibu di balik keperkasaan pebalap Rheza merengkuh juara

Pada tikungan terakhir sebelum garis finis, ia melakukan overtake dua pembalap Cao dan Herjun sekaligus memberi jalan rekannya Arai untuk menyalip dua pembalap tersebut.

Faerozi pun finis sebagai yang tercepat, diikuti rekan setimnya Arai dan juga Herjun yang terhindar dari insiden tikungan terakhir yang membuat Cao terjatuh.

“Terima kasih untuk timku, keluargaku, semua saudaraku, di balapan pertama aku tetap fokus tapi aku tetap menjaga suhu mesin, aku menjaga suhu tetap rendah," kata Faerozi setelahh balapan.

"Sekitar dua lap tersisa aku mencoba untuk mendorong, aku mendorong di tikungan terakhir untuk lap terakhir, alhamdulillah, podium ini kupersembahkan untuk almarhumah ibuku, istriku, dan keluargaku," tambahnya.

Kemenangan ini membuat Faerozi memimpin klasemen sementara kelas AP250 dengan 25 poin, diikuti Arai dengan 20 poin, dan Herjun di posisi ketiga dengan 16 poin sebelum kembali membalap di sirkuit yang sama pada Minggu (17/3) pada race 2 seri perdana ARRC 2024.

Baca juga: Veda Ega Pratama ingin berguru ke Eropa
Baca juga: Fadillah Arbi ambil banyak pelajaran dari SS600

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024