Jakarta (ANTARA) -
Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications, menemukan bahwa mengonsumsi suplemen serat setiap hari dapat meningkatkan fungsi kognitif pada orang dewasa yang lebih tua.

Penelitian mengatakan orang berusia di atas 60 tahun yang mengonsumsi suplemen serat prebiotik selama 12 minggu menunjukkan “peningkatan signifikan” dalam tes memori dan berpikir dibandingkan dengan mereka yang tidak.

"Studi ini menunjukkan hubungan antara suplemen serat -dan kognisi yang lebih baik - daripada efek sebab akibat langsung," kata Amy Reichelt, PhD, peneliti nutrisi dan ilmu saraf dari Universitas Adelaide di Australia Selatan, ditulis laman Health, Kamis (14/3).

Baca juga: Solusi bagi anak yang susah buang air besar

Baca juga: Manfaat suplemen fiber untuk diet


Untuk melakukan hal ini, satu kembar dari 36 set dipilih secara acak untuk mengonsumsi salah satu dari dua suplemen serat prebiotik inulin, serat makanan, dan fruktooligosakarida (FOS), karbohidrat nabati setiap hari selama 12 minggu.

Prebiotik ini adalah jenis serat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh tetapi bermanfaat bagi probiotik (bakteri baik) di usus kita.

Sebagai kontrol, kembaran lainnya dari setiap set mengonsumsi plasebo setiap hari. Tak satu pun dari sebagian besar peserta perempuan mengetahui apakah mereka telah menerima prebiotik, namun semua peserta juga mengonsumsi suplemen protein setiap hari dan melakukan pelatihan ketahanan selama uji coba.

Pada akhir minggu ke-12, para peneliti menguji sampel tinja partisipan. Mereka menemukan orang yang mengonsumsi prebiotik mengalami peningkatan bakteri usus yang bermanfaat, seperti Bifidobacterium, yang menurut penelitian lain dikaitkan dengan peningkatan kognitif.

Ketika menguji kognisi, para peneliti menemukan bahwa kelompok suplemen serat mendapat skor lebih tinggi pada memori visual dan komponen pembelajaran baru dari tes Paired Associates Learning, yang dapat menilai penyakit Alzheimer dini.

Pengguna suplemen memiliki setengah jumlah kesalahan pada tes ini dibandingkan dengan mereka yang menggunakan plasebo.

Joel Salinas, MD , asisten profesor klinis neurologi di NYU Langone Health dan kepala petugas medis di Isaac Health, mengatakan kepada Health bahwa sulit untuk mengetahui seberapa bermakna hasil tersebut karena para peneliti menggabungkan bagian-bagian tes kognitif menjadi satu skor.

“Mereka mengubah cara pengumpulannya,” kata Salinas.

Salinas mengatakan bahwa orang lanjut usia yang mempertimbangkan suplemen serat untuk meningkatkan kognitif harus ingat bahwa penelitian tersebut menghubungkan prebiotik dengan kinerja yang lebih tinggi pada satu tes kognitif; itu tidak membuktikan bahwa serat meningkatkan kinerja mental.

“Ini bukan bukti bahwa kita harus mulai merekomendasikan semua orang untuk mengonsumsi prebiotik,” tambahnya.

Meskipun tidak ada bukti bahwa serat dapat meningkatkan kognisi, bukti menunjukkan bahwa serat bermanfaat bagi otak dan kesehatan keseluruhan orang-orang dari segala usia.

"Kami dapat dengan aman mengatakan bahwa menerapkan lebih banyak makanan yang mengandung serat ke dalam pola makan seseorang adalah hal yang bermanfaat,” Thomas M. Holland, MD , instruktur penyakit pencernaan dan nutrisi di Rush University di Chicago, mengatakan kepada Health .​​​​​​​

Reichert menekankan bahwa kebanyakan orang bisa mendapatkan serat yang mereka butuhkan dari pola makan seimbang—sumber yang baik meliputi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.
 

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024