Kami berusaha sesedikit mungkin memberi ruang gerak kepada mereka dan berusaha menghalau serangan balik Milan
Milan (ANTARA News) - Barcelona jelas-jelas berada di atas angin. Lawannya kali ini tim raksasa Italia, AC Milan yang mencoba menebar asa perlawanan dengan berucap "tidak ada tim yang tidak bisa dikalahkah, selain Dewi Fortuna".

Barcelona berhadapan dengan AC Milan dalam lanjutan laga Grup H Liga Champions yang digelar di Stadion San Siro pada Rabu dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan ini akan ditayangkan SCTV   

Barcelona sedang terluka karena sebelumnya beroleh hasil pas-pasan dengan ditahan imbang 0-0 oleh Osasuna pekan lalu.

Sementara, laju lokomotif "I Rossoneri" melangkah lamban ketika melakoni drama pertarungan Liga Italia (Serie A). Alasannya, sejumlah pemain pilar masih dibekap cedera. Ini laga dari dua skuad yang sama-sama tersakiti oleh drama pahit dari duel.

Milan bakal melawan dengan mengerahkan seluruh daya dan selaksa asa. Caranya, pasukan asuhan pelatih Massimiliano Allegri itu terus bersiap membombardir lini pertahanan Barcelona dengan melancarkan serangan balik yang cepat dan terarah.

Amunisi Milan siap meledak, terlebih setelah lini depan skuad Liga Italia itu diperkuat oleh Mario Balotelli, kalau memang pemain bengal ini diturunkan dalam laga ini.

Musim ini Rossoneri bertekad tampil buas siap melibas setiap seteru, termasuk kali ini jagoan dari Liga Spanyol (La Liga).

Kalau memang Balotelli tidak dimainkan, maka Milan punya amunisi cadangan dalam diri Nigel de Jong, Mexes dan Mattia De Sciglio.

Allegri paham bahwa mereka berada di bawah tekanan, apalagi lawan kali ini sekelas Barcelona. Milan menghadapi pencobaan, karena pada Sabtu pekan ini juga harus melawan Udinese di laga Liga Italia.

Boleh jadi, Milan inferior, sementara Barcelona superior. Musim lalu, Barcelona mendepak Milan di 16 besar dengan kemenangan agregat 4-2. Musim sebelumnya, "El Barca" menghabisi asa Milan di perempat final dengan selisih gol 3-1.

Di babak penyisihan grup, Barcelona mampu menundukkan Milan 3-2 di San Siro. Bara kemenangan inilah yang bakal ditiup-tiup oleh pasukan pelatih Gerardo Martino. Syaratnya, lini pertahanan perlu ekstra kokoh.

Skuad Barcelona sumringah? Jelas, karena Carles Puyol telah kembali pulih dari cedera. Pemain ini sudah kembali berlatih bersama Gerard Pique. Pemain ini siap turun menempati pisisi bek tengah.

Anatomi kedua tim:

Barcelona:
* Lionel Messi diharapkan tampil bahu-membahu bersama kompatriotnya Javier Mascherano dan mantan rekannya di La Masia, Gerard Pique. Martino akan merotasi pemain menghadapi laga El Clasico. Akankah tesis ini berlaku menghadapi Milan kali ini.
* Victor Valdes siap berada di bawah mistar gawang. Pemain Catalan ini siap hengkang ke AS Monaco pada musim panas mendatang. Dengan begitu, Valdes bertekad tampil sekuat tenaga membela Blaugrana. Posisinya demikian krusial ketika Barcelona meniti sukses demi sukses.
* Penampilan Puyol yang berjuluk "El Capitan" berpengaruh besar dalam grafik kekompakan tim. Jika memang Puyol urung dimainkan, siapa yang bakal mengisi posisi ini?
* Pique dan Mascherano siap menjalin kerjasama di lini pertahanan, dengan didukung Dani Alves dan Adriano atau Martin Montoya untuk menempati posisi bek kanan dan bek kiri. Apakah formasi ini memang tim andalan Martino dalam laga El Clasico?
* Laga melawan Milan kali ini dapat dibaca sebagai ujian berarti seputar tepat tidaknya naluri yang dimiliki Martino ketika melakukan rotasi pemain.
* Salah satu dari Sergio Busquets, Xavi dan Andres Iniesta benar-benar menghadapi pekan yang berat. Apakah Martino menimbang dengan jeli keutuhan, kesiapan dan kebugaran dari barisan gelandangnya ini. Apakah ia akan menurunkan trio gelandang muda yang nota bene masih bugar, misalnya Alex Song, Cesc Fábregas dan Xavi atau mulai memainkan Busquets dan Sergi Roberto?
* Barcelona punya pilihan di sektor barisan depan, sebut saja Lionel Messi, Alexis Sanchez dan Cristian Tello dengan Neymar dan Pedro.

AC Milan:
* Milan berharap kepada kesiapan striker Mario Balotelli. Mantan pemain depan Manchester City ini terus mengasah naluri mencetak gol menghadapi musim ini terlebih manakala melawan Blaugrana.
* Jika memang Balotelli tidak dimainkan maka bisa jadi Milan menghadapi mimpi buruk, meski masih ada Christian Abbiati, dan ful-bek muda bertalenta Mattia De Sciglio dan pemain sayap serba bisa, Stephan El Shaarawy.

Komentar dua pelatih:

Massimiliano Allegri (AC Milan):
"Ini pertandingan yang mendebarkan dan mengesankan bagi setiap orang dari kedua kubu. Kami peprlu tampil gagah berani menghadapi salah satu tim terbaik di dunia kali ini. Dengan memperoleh tiga poin, kami berusaha lolos dari kualifikasi."

"Kami harus berusaha sedikit mungkin melakukan kekeliruan. Barcelona terampil dalam penguasaan bola ketimbang kami, untuk itu kami berusaha tampil  dengan gaya bermain yang sama seperti tahun lalu (dalam babak 16 besar, Milan menang 2-0)"

"Sejak kedatangan Neymar, mereka mengubah gaya menyerang karena pemain Brasil itu mampu memberi kedalaman lebih. Kami perlu lebih sabar selama 100 menit, utamanya menghadapi Barcelona."

"Kondisi Mario Balotelli terus membaik. Kami akan terus memantau dia sesudah sesi latihan ini untuk memutuskan apakah ia diturunkan atau tidak. Kami masih punya Mattia De Sciglio, dan Philippe Mexès dan Nigel de Jong."

Gerardo Martino (Barcelona):
"Milan berusaha menang. Tekad itu tidak menyurutkan kami. Kami melawan tim dengan segudang tradisi hebat di masa lampau. Mereka besar sebagai institusi dengan begitu kami akan mulai berpikir cara menghadapi Real Madrid (lawan berikutnya Barcelona pada pekan depan)."

"Pertandingan ini bakal berlangsung ketat. Kami menghadapi klub yang sangat bergengsi, kami merasa terlecut dengan tanggungjawab di balik pertandingan ini, meski kami juga merasakan hal serupa dalam setiap laga."

"Pekan ini sungguh penting, meski bukan pekan krusial bagi kami di musim ini. Perjalanan masih kelewat panjang dan kami bakal menjalani laga yang keras dan ketat. Ini artinya, kami tahu bahwa kami berharap memperoleh hasil positif pada pekan ini."

"Kami harus bermain seoptimal mungkin. Saya yakin kami tidak terlalu menghadapi kendala serius manakala menghadapi mereka. Kami berusaha sesedikit mungkin memberi ruang gerak kepada mereka dan berusaha menghalau serangan balik Milan."

"Kami berharap hasil imbang (ketika menghadapi Osasuna) tidak banyak mempengaruhi penampilan kami. Yang terpenting, penampilan kami nanti."

Prakiraan susunan pemain:       
Barcelona (4-3-3):
Valdés (penjaga gawang); Alves, Piqué, Mascherano, Montoya; Busquets, Roberto, Fàbregas; Sánchez, Messi, Tello

AC Milan (4-1-3-1-1):
Amelia (penjaga gawang); Abate, Mexes, Zapata, Constant; De Jong; Muntari, Nocerino, Poli; Montolivo; Balotelli
 
Prediksi hasil laga (Goal.com):
* AC Milan 1-3 Barcelona (16,67 persen)
* AC Milan 1-2 Barcelona (10,07 persen)
* AC Milan 2-1 Barcelona (  9,86 persen)

Head to Head:

UEFA Champions League (UCL)
12 Maret 2013     Barcelona 4 - AC Milan 0     
20 Feb 2013     AC Milan 2 - Barcelona 0     
 3 Apr 2012     Barcelona 3 - AC Milan 1     
28 Mar 2012     AC Milan 0 - Barcelona 0     
23 Nov 2011     AC Milan 2 - Barcelona 3     

Lima laga terakhir:    

AC Milan:
19 Oct 2013    AC Milan 1 - Udinese 0    SR-A
6 Oct 2013    Juventus 3 - AC Milan 2    SR-A
1 Oct 2013    Ajax 1 - AC Milan 1    UCL
28 Sep 2013    AC Milan 1 - Sampdoria 0    SR-A
25 Sep 2013    Bologna 3 - AC Milan 3    SR-A

Barcelona:
19 Oct 2013    Osasuna 0 - Barcelona 0    LIGA
5 Oct 2013    Barcelona 4 - Valladolid 1    LIGA
1 Oct 2013    Celtic 0 - Barcelona 1    UCL
28 Sep 2013    UD Almería 0 - Barcelona 2    LIGA
24 Sep 2013    Barcelona 4 - Real Sociedad 1    LIGA

Narasi prediksi:

* Perjalanan ke San Siro tak akan pernah semudah seperti layaknya membalikkan telapan tangan. Utamanya bagi tim tamu. Barcelona bakal berusaha mati-matian memenangi laga ini di hadapan para pendukung setia Milan.
* Perhatian publik pecinta sepak bola juga terarah kepada wasit asal Jerman, Felix Brych yang akan memimpin laga ini. Keputusan-keputusannya bakal menuai sorotan, karena beberapa waktu lalu ia membuat blunder ketika memimpin pertandingan di Bundesliga. Ia memberi "gol hadiah" kepada striker Bayern Leverkusen, Stefan Kiessling lantaran bola lolos dari jaring gawang yang bolong.
* San Siro bakal menjadi saksi hidup dari penampilan yahud Neymar. Implikasinya, lini pertahanan Milan terus menghadapi ujian demi ujian.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Milan: 0
Barcelona: 2     

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013