Stok avtur saat ini lebih dari cukup di mana 'coverage days' atau ketahanan stok avtur di Aviation Fuel Terminal (AFT) Kualanamu mencapai 48 hari
Medan (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) menyebutkan stok avtur di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumut, cukup untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan hingga Lebaran 2024.

"Kami memastikan persediaan avtur di Bandara Kualanamu aman selama masa Ramadhan hingga Idul Fitri 1445 H. Stok avtur saat ini lebih dari cukup di mana coverage days atau ketahanan stok avtur di Aviation Fuel Terminal (AFT) Kualanamu mencapai 48 hari," ujar Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Freddy Anwar di Medan, Selasa.

Freddy melanjutkan, pihaknya memastikan kenyamanan dan distribusi energi terhadap masyarakat dapat terpenuhi dengan baik.

Selain avtur, dia menegaskan, Pertamina Patra Niaga juga menjamin atas terpenuhinya pasokan BBM dan LPG untuk masyarakat khususnya pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

Freddy juga menyebut Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah, aparat penegak hukum dan pemangku kepentingan lainnya untuk mendukung lancarnya distribusi energi kepada masyarakat.

Dengan dukungan dan kerja sama seluruh stakeholder, Freddy menyatakan Pertamina siap melayani masyarakat Sumut yang mudik tahun 2024.

Baca juga: Bandara Internasional Kualanamu siap layani angkutan Lebaran 2024

Baca juga: Pesawat Lion Air tujuan Jeddah alihkan pendaratan ke Kualanamu


Pertamina Patra Niaga menunjukkan keseriusan dalam memantau penyaluran avtur dan BBM lain di Sumatra Utara dengan kedatangan Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan ke provinsi tersebut, Senin (18/3).

Riva Siahaan secara khusus mengunjungi AFT Kualanamu karena menilai bandara tersebut berstatus terbesar di Pulau Sumatera.

AFT Kualanamu pun menjadi pusat penyuplaian untuk kebutuhan avtur di sejumlah bandara lainnya wilayah Sumatra Utara, seperti Bandara Polonia, serta bandara di wilayah Pinangsori, Silangit dan Binaka.

"Pasokan avtur untuk Bandara Internasional Kualanamu mencapai sekitar 50 persen dari total penyaluran avtur bandara udara di Sumatera. Bandara itu melayani pengisian bahan bakar untuk rata-rata 59 pesawat udara per hari," kata Riva.

Demi menaikkan kualitas layanan sekaligus memastikan penyaluran avtur yang tepat waktu, akurat dan efisien, Riva menambahkan, pihaknya melakukan inovasi di lini aviasi.

Salah satunya adalah PADMA (Pertamina Aviation Fuel Delivery Management) yaitu manajemen pengisian bahan bakar ke pesawat udara yang terintegrasi mulai dari pencatatan, penjadwalan dan verifikasi volume pengisian avtur.

"Program ini sudah diterapkan di enam AFT termasuk di AFT Kualanamu dan akan terus kami perluas untuk meningkatkan pelayanan pengisian untuk pesawat udara. Menjadi komitmen kami untuk selalu mengedepankan aspek lima nol atau five zero yaitu zero accident, zero delay, zero off-spec, zero tolerance dan zero mistake," tutur Riva.

Baca juga: Bandara Kualanamu terapkan ekosistem lalu lintas logistik yang efisien

Baca juga: Super Air Jet buka rute Padang - Kualanamu pergi pulang setiap hari


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024