Pada saat penyerahan mengecek memastikan bahwa KPM benar-benar membutuhkan...
Jambi (ANTARA) - Badan Pangan Nasional (Bapanas) meminta penyaluran cadangan beras pemerintah (CBP) di Kota Jambi dapat dipercepat.

Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi Bapanas Nyoto Suwignyo, di Jambi, Rabu, langsung memonitoring penyaluran CBP di Kota Jambi, agar tepat sasaran dan transparan.

Monitoring penyaluran CBP ini dilakukan untuk memastikan bahwa bantuan diberikan tepat sasaran kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang membutuhkan.

"Pada saat penyerahan mengecek memastikan bahwa KPM benar-benar membutuhkan, kalau kita lihat dari kondisi yang ada sangat membutuhkan dan pendataan dilakukan dengan baik," kata dia lagi.

Selain tepat sasaran, dia juga memastikan transparansi penyaluran cadangan beras. Dia juga meminta PT Pos Cabang Jambi menjelaskan mekanisme penyaluran bantuan di hadapan KPM di Kota Jambi.

"Tadi sudah dijelaskan Pos Indonesia bahwa pelaksanaan penyaluran transparan menggunakan sistem, mengecek KPM yang benar dan masuk daftar," kata dia pula.

Monitoring ini, kata dia, dilakukan setelah melihat adanya keterlambatan penyaluran bantuan di daerah tersebut.

"Untuk kondisi di Kota Jambi agak lambat penyalurannya, sehingga kami dorongan agar beras di gudang Bulog tidak menumpuk, ini harus segera disalurkan," kata dia.

Ia menyebutkan stok beras yang harus disalurkan ke masyarakat itu berkisar hampir 2 ribu ton. Jumlah itu harus dikeluarkan agar gudang Bulog Jambi kembali bisa diisi dengan beras baru untuk periode panen selanjutnya.

Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih mengatakan Bapanas melihat langsung proses penyaluran CBP di Kelurahan Tanjung Pinang, Kota Jambi. Di daerah itu tercatat 817 KPM CBP.

"CBP di Kota Jambi sesuai sasaran, Bapanas langsung melihat spesifik dan detail KPM dan kemudian meminta PT Pos memastikan mekanisme penyaluran beras. Artinya kehadiran Bapanas ini memastikan inflasi di Jambi terkendali," kata Sri.

Total jumlah KPM di Kota Jambi sebanyak 27.283 yang terbagi ke 11 kecamatan di daerah ini. Masing-masing kecamatan mendapatkan kuota penerima yang berbeda.

Adapun jumlah penerima bantuan pangan CBP di tiap kecamatan, yaitu untuk Kecamatan Alam Barajo sebanyak 2.656 KPM, Danau Sipin sebanyak 3.045 KPM, Danau Teluk sebanyak 1.083 KPM, Jambi Selatan sebanyak 2.501 KPM.

Selanjutnya untuk Kecamatan Jambi Timur sebanyak 4.491 KPM, Jelutung sebanyak 2.995 KPM, Kota baru sebanyak 2.587 KPM, Paal Merah sebanyak 3.859 KPM, Pasar Jambi sebanyak 612 KPM, Pelayangan sebanyak 1.581 KPM, dan Telanaipura 1.873 KPM.
Baca juga: Menko Perekonomian resmikan penyaluran bantuan pangan CBP di Jambi
Baca juga: BI Jambi nilai bantuan CBP perkuat pengendalian inflasi

Pewarta: Tuyani
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024