Kita melihat sinergi ini memberikan dampak kolaborasi ekonomi bagi masyarakat
Ambon (ANTARA) - Komunitas anak muda di Ambon menghadirkan kegiatan Kampung Ramadhan 1445 Hijriah, dengan menghadirkan 50 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kampung Ramadhan menghadirkan 50 pelaku usaha mikro kecil dan menengah lokal di lokasi kompleks BTN Kebun Cengkeh serta melibatkan instansi terkait sebagai sponsor, kata Ketua Panitia Kampung Ramadhan Expo 2024, Fadli Toisuta, di Ambon. Kamis.

Kegiatan yang digelar 20 Maret sampai 8 April 2024 itu, menjual beragam menu takjil Ramadhan juga menampilkan musik dan penampilan tren busana Muslim.

Ia menjelaskan, kegiatan ini pertama kali dilaksanakan dan diinisiasi oleh komunitas anak muda, remaja masjid dan mendapat dukungan dari sejumlah sponsor.

“Kita melihat sinergi ini memberikan dampak kolaborasi ekonomi bagi masyarakat BTN Kebun Cengkeh khususnya, agar ke depan dapat menggerakkan roda ekonomi di Kota Ambon,” ujarnya.

Baca juga: Kedai kopi di Ambon adakan buka puasa gratis bagi warga
Baca juga: Masjid Raya Al Fatah Ambon sediakan takjil gratis bagi warga


Fadli mengatakan, di kawasan tersebut jelang waktu buka puasa, warga berburu takjil sehingga berdampak pada kemacetan.

Pihaknya berupaya menginisiasi kegiatan Kampung Ramadhan terpusat pada satu lokasi, agar tidak menimbulkan kemacetan tetapi dampak positifnya meningkatkan perekonomian pelaku UMKM.

"Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan kita berupaya ke depan menjadi agenda tetap saat bulan Ramadhan, " kata Fadly.

Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena memberi apresiasi atas inisiatif positif komunitas anak muda maupun remaja Masjid Kompleks BTN Kebun Cengkeh yang menghadirkan kegiatan kampung Ramadan.

Melalui kegiatan ini, secara tidak langsung memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat khususnya pelaku UMKM yang terlibat.

Selain itu merekatkan hubungan antara sesama umat beragama di bulan suci Ramadhan ini.

"Pemkot Ambon mengapresiasi dan berharap kegiatan ini terus berlanjut, tidak hanya di momen Ramadhan 2024, tetapi akan berlanjut dan menjadi contoh bagi kawasan lain di Ambon," katanya.

Baca juga: Pemkot Bogor gelar Balkot Ramadan Fest, jual sembako hingga pakaian
Baca juga: Baznas Kepri libatkan 100 UMKM dalam bazar Kemilau Kampoeng Ramadhan
Baca juga: BUMD JIEP gelar bazar sembako murah penuhi kebutuhan jelang Ramadhan



 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024