Penyangga jembatan Teluk Sungkai sudah dibangun kembali dan akses transportasi penghubung Kabupaten Inhu dengan Kabupaten Indragiri Hilir kini berfungsi dengan baik
Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau membangun kembali penyangga jembatan Teluk Sungkai di Kabupaten Indragiri Hulu setelah sempat ambruk akibat diterjang abrasi beberapa waktu lalu sehingga akses jalan tersebut sempat terputus.

"Penyangga jembatan Teluk Sungkai sudah dibangun kembali dan akses transportasi penghubung Kabupaten Inhu dengan Kabupaten Indragiri Hilir kini berfungsi dengan baik," kata Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto dalam keterangan pers di Pekanbaru, Sabtu.

Menurut SF Hariyanto, Pemerintah Provinsi Riau memiliki sumberdaya dan armada yang memungkinkan untuk menuntaskan berbagai kendala-kendala teknis di lapangan seperti kerukan penyangga jembatan atau jalan terban akibat diterjang banjir dan longsor.

Karena itu, kata SF Hariyanto, tim teknis perlu segera melakukan perbaikan, sesuai semangat kerja keras, bergerak cepat dan bertindak tepat untuk pelayanan publik.

"Akses sarana prasarana untuk masyarakat yang terputus harus segera diperbaiki guna mendukung pertumbuhan ekonomi daerah setempat sehingga akses transportasi berperan penting dan berbagai kendala teknis di lapangan harus segera diselesaikan," katanya.

Kepala UPTJJ wilayah IV Dinas PUPR-PKPP Provinsi Riau Ludfi Hardi mengatakan pihaknya sudah menurunkan armada dan petugas teknis lapangan untuk memperbaiki penyangga jembatan yang rusak sesuai perintah Pj Gubernur Riau SF Hariyanto.

Ia menjelaskan abrasi yang menerjang penyangga Jembatan Teluk Sungkai atau berada pada ruas Jalan Rengat Kuala Cenaku Kuala, Kabupaten Indragiri Hulu adalah gejala alam.

"Namun demikian masalah tersebut tetap harus selesai walau hanya bersifat sementara dan setelah itu akan lebih disempurnakan agar bebas dari ancaman abrasi," kata Ludfi.

Sementara itu untuk memadatkan jalan pada penyangga jembatan Dinas PUPR -PKPP Riau menggunakan alat berat jenis compactor.

Baca juga: Riau-BUMN China jajaki kerja sama bangun 6,1 km Jembatan Bengkalis
Baca juga: Riau ajukan peningkatan kualitas jalan lintas timur antisipasi banjir

Pewarta: Frislidia
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024