Jakarta (ANTARA) - Pakar kesehatan kulit dari MS Glow Aesthetic Clinic Depok dr. Prima Bachrul Alam mengatakan ada sejumlah langkah perawatan wajah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah sehat saat Lebaran.

"Pertama, wajib melakukan perawatan wajah dasar yakni cuci muka dua kali sehari dengan sabun wajah yang bisa diikuti dengan toner. Setelah itu gunakan pelembap," kata Prima dalam acara temu media di Depok, Jawa Barat, Kamis.

Saat puasa kulit cenderung menjadi kering sehingga perawatan kulit dengan menggunakan pelembap sangatlah penting. Prima menyarankan pelembap terbaik untuk kulit kering adalah yang mengandung bahan petroleum jelly atau asam linoleat.

"Untuk menyamarkan noda bekas jerawat bisa menggunakan pelembap berbahan aktif niacianamide," kata Prima.

Baca juga: Kiat mendapatkan kulit sehat dan "glowing" saat berpuasa

Setelah itu, aplikasikan tabir surya sebanyak dua ruas jari, setelah itu aplikasikan kembali setidaknya setiap tiga sampai lima jam sekali. Gunakan tabir surya yang setidaknya memiliki SPF 30 hingga 50.

"Penambahan PA++ sebetulnya untuk anti aging. Seperti diketahui matahari memiliki UV A sebagai penyebab flek yang bisa ditangkal dengan PA++ sementara UV B bisa diatasi dengan SPF," kata Prima. 

Menurut Prima, tabir surya sebaiknay digunakan 30 menit sebelum beraktivitas supaya bekerja efektif.

Sementara itu penggunaan serum bisa ditambahkan ke dalam rutinitas perawatan kulit jika diperlukan dan dengan pendampingan dokter mengingat serum biasanya memiliki kandungan aktif yang perlu diperhatikan dosisnya.

Selain menggunakan produk perawatan kulit, istirahat yang cukup, mengurangi konsumsi kafein dan alkohol juga disarankan untuk mendapatkan kulit sehat.

Baca juga: Menjaga kulit wajah tetap sehat dan cerah selama berpuasa

Menggunakan humidifier juga bisa dilakukan untuk menjaga kelembapan kulit, terutama jika sering menghabiskan waktu di ruangan berpendingin atau di tempat yang memiliki kelembapan rendah.

Konsumsi lebih banyak makanan sehat untuk kulit, mulai dari ikan berlemak, alpukat, buah kiwi, wortel, bayam, hingga biji rami.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Komersial 99 Corp. Amelia Nasution menyatakan mereka berupaya memberikan informasi yang tepat dan edukatif mengenai kesehatan kulit dan kecantikan.

"Kondisi kesehatan kulit menjadi hal yang disoroti utamanya dikaitkan dengan gaya hidup di bulan Ramadan dan kecenderungan masyarakat untuk tampil prima dan maksimal di saat Idul Fitri tiba. Derasnya arus informasi kadang menyisipkan hal-hal yang hoaks mengenai perawatan kulit yang harus diwaspadai. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami ingin memberikan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat mengenai perawatan kulit yang benar dan aman," kata Amelia.

Baca juga: Wajah sehat saat Lebaran bisa didapat dari perawatan kulit rutin

Baca juga: Dokter kulit: pelembap penting digunakan selama puasa

​​​​​​​
Baca juga: Pakar sarankan lima produk perawatan kulit rutin dipakai saat puasa

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024