Jakarta (ANTARA) - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono mengaku belum menerima salinan keputusan presiden (keppres) yang menetapkan dia sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) menggantikan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Dia mengaku sejauh ini hanya tahu dirinya sebagai salah satu kandidat KSAU bersama perwira tinggi bintang tiga lainnya di lingkungan TNI AU.

“Ya masih calon. Kami masih menunggu keputusan presiden. Mohon doa restunya,” kata Tonny saat ditemui di sela-sela kegiatannya di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana di Jakarta, Selasa, menyebut keppres penunjukan Tonny sebagai KSAU yang baru telah diteken oleh Presiden RI Joko Widodo pada 25 Maret 2024.

“Presiden telah menandatangani Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU, dan pengangkatan Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU yang baru," kata Ari Dwipayana.

Dia menjelaskan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo bakal pensiun pada 9 April 2024 atau saat dia tepat berusia 58 tahun.

Nantinya, Tonny bakal resmi menjabat setelah dilantik oleh Presiden Jokowi. Sejauh ini, Istana belum mengumumkan jadwal pelantikan Tonny sebagai KSAU yang baru.

Tonny menyebut sejauh ini dia belum menerima undangan pelantikan sebagai KSAU dari Istana.

“Belum, belum ada, mohon doanya,” kata Tonny.

Tonny sebelum menjadi Pangkogabwilhan II sempat menjabat beberapa posisi strategis di lingkungan TNI AU, yaitu sebagai Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) pada 2023, kemudian Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AU (Dankodiklatau) pada 2022, kemudian Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) pada 11 November 2020–27 Juni 2022 atau selama periode kedua pemerintahan Presiden Jokowi. Tonny pada periode pertama pemerintahan Jokowi yaitu pada 2014 sampai dengan 2016 juga pernah bertugas sebagai ajudan Presiden Jokowi.

Tonny merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) Tahun 1993. Jika dia dilantik dan resmi menjabat KSAU, Tonny bakal menjadi kepala staf yang termuda apabila dibandingkan dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.
Baca juga: Presiden tunjuk Marsdya Tonny Harjono sebagai KSAU
Baca juga: Kopasgat TNI AU dan pasukan khusus AS latihan bersama di Pekanbaru
Baca juga: Latihan Perkasa "D" 2023 uji pertahanan udara wilayah timur RI

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024