Tidak ada kekurangan mayor yang sampai membuat kapal masuk galangan, hanya perlu melengkapi beberapa hal saja. Kalau yang dokumen belum lengkap hanya 1-2 kapal kemarin sudah langsung di lengkapi. Karena setiap tahun kapal sudah menjalani pemeriksaan
Bandarlampung (ANTARA) - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Lampung telah melakukan pemeriksaan keselamatan pada 33 kapal di Lampung sebagai upaya mempersiapkan angkutan Lebaran 2024.
 
"Dalam mempersiapkan angkutan Lebaran BPTD sudah melakukan ramp check atau pemeriksaan keselamatan bagi 66 unit kapal, dimana BPTD Lampung mendapat jatah memeriksa 33 kapal dan BPTD Banten 33 kapal juga," ujar Kepala BPTD Kelas II Lampung Bambang Siswoyo di Bandarlampung, Selasa.
 
 
Ia mengatakan, dari hasil pemeriksaan keselamatan kapal hanya ditemukan beberapa kekurangan minor yang dapat segera ditindaklanjuti, salah satunya dengan melengkapi jaket keselamatan bagi anak-anak ataupun orang dewasa, melengkapi alat pemadam kebakaran, dan segera memperbaharui dokumen yang kedaluwarsa.
 
 
"Tidak ada kekurangan mayor yang sampai membuat kapal masuk galangan, hanya perlu melengkapi beberapa hal saja. Kalau yang dokumen belum lengkap hanya 1-2 kapal kemarin sudah langsung di lengkapi. Karena setiap tahun kapal sudah menjalani pemeriksaan keselamatan secara rutin jadi saat periode mudik ini lebih mudah dalam pemeriksaan," katanya.
 
 
Dia menjelaskan, dalam pemeriksaan keselamatan bagi 33 kapal yang akan melayani angkutan Lebaran 2024, semua telah dinyatakan layak jalan. Sehingga dapat menjamin keselamatan pemudik saat melakukan perjalanan menggunakan transportasi laut.
 
 
"Untuk 33 kapal sudah dilakukan ramp check dan sudah layak melayani angkutan Lebaran. Armada kapal serta operator semuanya kooperatif saat ditemukan kekurangan langsung melakukan perbaikan dan ditindaklanjuti dengan cepat sebelum pelaksanaan angkutan Lebaran," ucap dia.
 
 
Menurut dia, pemeriksaan keselamatan kapal dilakukan dengan bekerja sama bersama berbagai pihak seperti ASDP dan dinas perhubungan guna memastikan kelaikan kapal selama angkutan Lebaran.
 
 
"Pemeriksaan ini dilakukan bersama dengan berbagai pihak, dan koordinasi antara Pelabuhan Merak-Bakauheni yang digunakan sebagai lalulintas penyeberangan sudah dilakukan untuk menyiasati agar nanti penyeberangan lancar tanpa ada penumpukan di keluar masuk pelabuhan," katanya.

Baca juga: KAI Tanjungkarang tambah 7.488 kursi pada masa angkutan lebaran 
Baca juga: Citilink kembali melayani rute penerbangan Lampung-Jakarta

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024