Bandarlampung (ANTARA) -
Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung sejak Januari hingga April 2024 telah menyalurkan zakat sebesar Rp621 juta kepada 1.353 penerima manfaat.

"Jumlah itu tersebar di berbagai pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, dakwah, dan sosial kemanusiaan," kata General Manager PT PLN (Persero) UID Lampung Sugeng Widodo, dalam keterangannya di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengharapkan dengan penyaluran zakat melalui YBM PLN ini dapat membawa keberkahan bagi setiap insan PLN dalam melaksanakan tugasnya untuk melayani masyarakat yang penuh dengan tantangan.

“Semoga seluruh penerima zakat dapat memanfaatkan bantuan ini dengan baik dan menjadi ladang amal bagi seluruh pegawai PLN serta harapannya penyaluran zakat dapat terus meningkat dari tahun ke tahun,” tuturnya.

Baca juga: PLN Lampung sambung listrik gratis untuk keluarga prasejahtera

Pada kesempatan itu Sugeng menyerahkan manfaat zakat kepada 27 penerima manfaat yang terdiri atas 18 santri penghafal Al Quran dari Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidzul Quran Nur Azali, Pondok Pesantren Asy Syifa, dan Pondok Pesantren Ibnu Umar.

Selanjutnya bantuan juga diserahkan kepada enam guru mengaji dan tiga marbot masjid di Bandarlampung.

“Yayasan Baitul Maal merupakan Badan Pengelola Dana Zakat yang bersumber dari pemotongan 2,5 persen penghasilan pegawai PLN yang Muslim. Alhamdulillah pada bulan Ramadhan ini kami dapat menyalurkan zakat dalam rangkaian Program Berbagi Kebahagiaan Ramadhan,” ujar Sugeng.

Baca juga: PLN berikan listrik gratis 27 keluarga kurang mampu di Lampung

Marbot Masjid Al-Abbas Gedong Meneng Bagas Setiawan yang menjadi salah satu penerima manfaat zakat menyampaikan rasa syukurnya atas bantuan yang diserahkan oleh YBM PLN UID Lampung.

“Terima kasih banyak kepada YBM PLN atas santunan zakat yang diberikan kepada saya selaku marbot masjid pada bulan yang penuh berkah ini. Semoga PLN semakin baik ke depannya dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan,” ucap Bagas.

Rasa syukur juga terucap dari Tanti Yulistriana selaku Kepala Pondok Tahfidz Nur Azzali Bandar Lampung sebagai salah satu pondok pesantren penghafal Al Quran penerima manfaat atas bantuan yang diberikan kepada para santri.

Baca juga: PLN Lampung siagakan 1.146 personel guna pastikan listrik terjaga

“Saya selaku kepala pondok pesantren merasa sangat senang atas bantuan yang diberikan oleh YBM PLN untuk santri-santri kami. Bantuan ini pasti sangat bermanfaat bagi kami khususnya para santri sebagai penyemangat mereka untuk terus belajar dan semoga Allah SWT memudahkan pegawai PLN dalam melaksanakan pekerjaan,” tuturnya.

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024