Medan (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Agustinus menyebutkan sebanyak 2.555 peserta program mudik gratis Lebaran 2024 yang diselenggarakan pemerintah provinsi setempat akan dilepas pada 6 April 2024.

"Para peserta akan diberangkatkan melalui Terminal Amplas, Kota Medan pada tanggal 6 April 2024 pukul 14.00 WIB," ujar Agustinus, di Medan, Kamis.

Ia menjelaskan program mudik gratis tersebut akan dilepas langsung oleh Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin.

Baca juga: Dishub Kota Medan siapkan 179 bus mudik gratis ke 12 kota di Sumut

"Para pemudik ini akan dibekali konsumsi selama perjalanan. Mereka akan dilepas oleh Penjabat Gubernur Sumatera Utara," kata dia.

Menurut dia, para peserta mudik gratis ini akan diberangkatkan menggunakan 65 bus dengan delapan rute tujuan di kabupaten/kota di Sumut.

Adapun rute mudik gratis tersebut antara lain Medan dengan tujuan Penyabungan (10 bus besar), Kota Padang Sidempuan (10 bus besar), Gunung Tua (5 bus besar), Kota Sibolga (10 bus medium), Barus (5 bus medium), Kotapinang (10 bus besar), Rantau Parapat (10 bus besar), dan Salak (5 bus kecil).

Baca juga: Sumut batasi operasional angkutan barang saat arus mudik Lebaran

"Kami berharap pemudik yang sudah mendapat tiket agar datang tepat waktu saat keberangkatan, dan tidak membatalkannya. Jika pun harus membatalkan, segera melapor ke panitia agar tiketnya bisa dialihkan ke calon pemudik lain yang membutuhkan," ujarnya.

Agustinus mengaku senang dengan antusias masyarakat mengikuti program tersebut, karena program mudik gratis ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan dan kemacetan serta memberikan kenyamanan dalam perjalanan arus mudik Lebaran 2024.

Baca juga: Dishub Kota Medan gelar mudik bareng gratis ke 12 kota di Sumut

"Masyarakat antusias dengan program mudik gratis sehingga kuota yang disediakan terpenuhi sebelum pendaftaran berakhir," ujarnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024