Sampai dengan Sabtu (6/4/2024) untuk pergerakan pesawat sudah mencapai 70 pergerakan atau sekitar 14 pergerakan pesawat per hari
Majalengka, Jawa Barat (ANTARA) - Pengelola Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, menargetkan dapat melayani 12 ribu penumpang selama masa angkutan Lebaran 2024.

Executive General Manager BIJB Kertajati Nuril Huda di Majalengka, Jabar, Senin, mengatakan target tersebut bisa terealisasi karena banyak masyarakat yang sudah memilih melakukan penerbangan ke daerah tujuan dari bandara tersebut.

"Sejak 3 April 2024, telah terjadi peningkatan pergerakan penumpang di Bandara Kertajati. Peningkatan ini akan terus terjadi selama masa angkutan Lebaran," katanya.

Ia menjelaskan sampai H-4 Lebaran, jumlah penumpang yang naik pesawat dari BIJB Kertajati tercatat 7.386 penumpang. Berdasarkan perhitungan, maka rata-rata per hari terdapat 1.836 penumpang.

Angka tersebut, menurut dia, cukup tinggi dibandingkan jumlah penumpang yang melakukan aktivitas penerbangan di hari biasa yang berkisar 1.000 penumpang.

"Sampai dengan Sabtu (6/4/2024) untuk pergerakan pesawat sudah mencapai 70 pergerakan atau sekitar 14 pergerakan pesawat per hari," ujarnya.

Nuril menyampaikan pada H-3 Lebaran yang diestimasikan sebagai puncak lonjakan penumpang, terdata ada 16 pergerakan pesawat dari beberapa maskapai seperti Citilink, Air Asia, dan Super Air Jet.

Ia juga menyebutkan selama angkutan mudik, penerbangan tambahan mulai dioperasikan di Bandara Kertajati tujuan Kualanamu, Medan.

Langkah tersebut diterapkan guna mengakomodir lebih banyak penumpang, yang hendak terbang ke daerah tersebut. Kualanamu menjadi rute favorit kedua bagi penumpang di BIJB Kertajati, setelah Denpasar, Bali.

"Kami pastikan memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang di Bandara Kertajati," ucap dia.

Baca juga: Jumlah penumpang di BIJB Kertajati naik 20 persen saat mudik Lebaran
Baca juga: BIJB Kertajati catat lonjakan 11 persen penumpang saat libur panjang
Baca juga: Menhub tinjau kesiapan BIJB Kertajati jelang mudik Lebaran 2024

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024