Dengan kepedulian sosial kita tingkatkan ukhuwah Islamiyah
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono meminta warga menjaga  persaudaraan dan lebih peduli terhadap sesama usai Lebaran untuk memperkuat fondasi  Jakarta menjadi kota global.
 
"Persaudaraan dan kepedulian sosial jadi fondasi dalam menjaga kerukunan dan dalam mewujudkan Jakarta sebagai kota global yang inklusif dan layak huni bagi semua," kata Joko di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu.
 
Menurut Joko perayaan Idul Fitri ini menjadi momentum untuk saling membuka hati, memaafkan dengan tulus, menguatkan tali silaturahmi, memperkokoh persaudaraan dan kepedulian, sebagaimana tema yang diusung pada tahun ini "Menyemai Nilai Persaudaraan dan Kepedulian Sosial".
 
"Dengan kepedulian sosial kita tingkatkan ukhuwah Islamiyah persaudaraan antara umat Muslim, ukhuwah watoniyah persaudaraan antara sesama bangsa Indonesia dan ukhuwah insaniyah persaudaraan antar sesama umat manusia di seluruh dunia," ujar Joko.
 
Seusai shalat, Sekda Joko menyampaikan ucapan syukur karena seluruh umat Islam dapat menyambut hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H.

"Di tengah lantunan takbir tahlil dan tahmid yang semarak dikumandangkan umat Islam dari segala penjuru dunia, bersama kita mengungkap rasa syukur menyambut hari kemenangan Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah," kata Joko.
 
Dalam kesempatan tersebut, Joko turut mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah kepada seluruh umat Muslim di Jakarta. Joko berharap semoga Allah SWT menerima segala ibadah selama bulan Ramadhan.
 
Selama satu bulan penuh, kata Joko, umat Islam melaksanakan perintah Allah SWT menunaikan ibadah puasa Ramadhan, shalat Tarawih dan ibadah sunah lainnya untuk lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta. Umat islam telah berhasil berjuang mengendalikan hawa nafsu dalam meraih kemenangan dan kembali fitrah.
Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1445 Hijriah di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024). (ANTARA/Siti Nurhaliza)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Salat Idul Fitri 1445 Hijriah di halaman Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu. Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah ini terbuka untuk umum dan mengusung tema "Menyemai Nilai Persaudaraan dan Kepedulian Sosial".
 
Selesai shalat, dilanjutkan dengan khotbah bertema 'Kembali Fitrah Menuju Rida Allah SWT' yang dibacakan oleh khatib Prof. Dr. KH Asrorun Ni'am Sholeh.
 
Adapun pejabat yang hadir, di antaranya Asisten Kesejahteraan Rakyat Widyastuti, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Setda DKI Afan Adriansyah Idris, Asisten Pemerintahan Setda DKI Sigit Widjatmoko, Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo, Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Hari Nugroho, Kepala Satpol PP Arifin dan para wali kota.
Baca juga: Sekda DKI bersilaturahmi dengan jemaah yang shalat Id di Balai Kota
Baca juga: Heru ingatkan ASN DKI tak boleh perpanjang libur Lebaran
Baca juga: Heru imbau warga yang berpergian libur Lebaran tetap jaga keselamatan

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024