Jakarta (ANTARA) - Taman Margasatwa Ragunan berencana menggelar atraksi istimewa pada tanggal Minggu (14/4) dalam rangka menyambut libur Lebaran sekaligus perayaan ulang tahun salah satu Gorila di Pusat Primata, bernama Komo yang genap berusia 27 tahun.

“Atraksi paling spesial akan diadakan tanggal 14, salah satu Gorila kita sedang ulang tahun juga, namanya Komo yang genap berumur 27 tahun. Jadi akan ada perayaan ulang tahun Gorila di Pusat Primata,” kata Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang di Ragunan, Jakarta, Kamis.

Dalam acara tersebut, Komo akan diberikan perlakuan istimewa dengan disuguhkan makanan berbentuk ketupat khas lebaran.

Perayaan ulang tahun Gorila tersebut menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung Ragunan pada tanggal musim libur Lebaran.

Baca juga: Taman Margasatwa Ragunan dipadati pengunjung pada H+1 Lebaran

Baca juga: Taman Margasatwa Ragunan siapkan kantong parkir sambut libur Lebaran

Selain perayaan ulang tahun gorila, Ragunan juga menyediakan berbagai atraksi dan wahana untuk pengunjung, termasuk kereta keliling, wahana permainan anak, dan sepeda listrik.

Semua ini bertujuan untuk memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan bagi pengunjung, terutama bagi keluarga yang berkunjung bersama anak-anak.

Selain itu, Wahyudi mengimbau kepada para pengunjung yang sudah berada di dalam area Ragunan untuk tidak berpisah dari rombongan terutama jika membawa keluarga dan anak-anak kecil.

Hal itu untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, terutama saat asyik berfoto atau menggunakan gadget yang bisa membuat terlupa melihat anak dan keluarga.

“Kepada pengunjung yang sudah berada di dalam area diharapkan yang membawa keluarga dan anak kecil jangan sampai berpisah dari rombongan, karena ini memang tradisi tahunan kalau bawa rombongan berfoto atau liat gadget bisa lupa liat anak dan keluarganya. Kita imbau agar terjadi keadaan seperti itu,” ujarnya.

Kepada pengunjung juga diberikan imbauan untuk tidak menampilkan barang berharga secara mencolok atau berlebihan yang dapat mengundang perhatian. Meskipun telah disiagakan banyak petugas keamanan, namun kenyamanan dan keamanan pengunjung tetap menjadi prioritas utama.

Terkait dengan akses masuk dan keluar Ragunan, pihak pengelola memberikan imbauan kepada pengunjung untuk menggunakan dua pintu masuk yang tersedia, yaitu pintu utara dan barat.

Sementara itu, pintu timur dan selatan akan digunakan sebagai pintu keluar kendaraan. Hal ini diharapkan dapat mencegah terjadinya contraflow dan memperlancar arus kendaraan di sekitar Ragunan.

Dengan berbagai persiapan dan imbauan ini, diharapkan pengunjung dapat menikmati liburan mereka di Taman Margasatwa Ragunan dengan nyaman dan aman.

Adapun, Taman Margasatwa Ragunan siap menyambut pengunjung pada periode Lebaran, yakni 11-21 April, mulai pukul 07:00 WIB dengan harga tiket yang terjangkau sebesar Rp4 Ribu untuk orang dewasa dan Rp3 ribu untuk anak-anak (belum termasuk tiket untuk kendaraan) yang dapat dibeli secara daring atau masuk menggunakan Kartu Jakcard.

Baca juga: Ragunan siagakan 1.000 petugas saat libur Lebaran

Baca juga: Taman Margasatwa Ragunan sesuaikan jam operasional selama Ramadhan

Baca juga: Taman Margasatwa Ragunan tetap buka selama Ramadhan

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024