Jakarta (ANTARA) - Pengunjung Taman Impian Jaya Ancol mengatakan potret mengudara dari kereta gantung "Gondola" bisa membuat takjub saat berada di ketinggian tempat wisata di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara itu.

"Ini pertama kali ke Ancol, nggak "expect" kalau ternyata wisata Ancol banyak banget, ada Dufan, Seaworld, Atlantis, Ecopark, Aviary (Jakarta Bird Land) dan lainnya. Wahana unggulan Ancol menurut aku sih Gondola-nya," ujar salah seorang pengunjung Nardinia Dzakyyah (18) saat ditemui wartawan di Jakarta, Kamis

Nardinia tidak menyesal walaupun belum sempat berkeliling unit rekreasi di kawasan Taman Impian Jaya Ancol dalam satu hari. Karena dari Gondola saja, dia sudah bisa melihat semuanya.

Baca juga: Isi libur Lebaran, pengunjung Ancol beri makan rusa di Ecopark

Baca juga: Polisi maksimalkan pengamanan wisata Ancol saat libur lebaran


Petualangan mengudara bersama Gondola juga memberikan pengalaman yang mengesankan dan tidak terlupakan bagi pengunjung Ancol lainnya, Kayla Najla Ramadhina (18).

Kayla mengatakan alasannya mengajak anggota keluarganya yang datang jauh-jauh dari Semarang, Jawa Tengah ke Ancol memang untuk menikmati keindahan Teluk Jakarta dan sarana rekreasi lainnya.

"Tapi di sini semua bisa kelihatan. Wahana Dufan, Pantai Indah, Atlantis, bisa terlihat dengan menaiki Gondola satu putaran, sekitar 20 menitan," kata Kayla.

Untuk mengudara dari kereta yang menggantung di ketinggian lebih kurang 21 meter di atas permukaan laut dan menyusuri lintasan sepanjang 2,4 kilometer, pengunjung hanya perlu membayar Rp60 ribu per orang.

Secara keseluruhan, Gondola Ancol memiliki 37 unit kereta per kabin yang dapat menampung hingga enam orang dewasa per kabin, sehingga cukup luas dan nyaman.

Untuk menaiki Gondola, Kayla naik dari Stasiun C yang letaknya di sekitar Atlantis, Gelanggang Samudra, dan Sea World.

Hanya dua lokasi yang dapat digunakan untuk naik/turun pengunjung, yaitu Stasiun A dan C. Stasiun A Pantai Festival, letaknya di belakang Dunia Fantasi.

Satu stasiun lagi, yaitu Stasiun B Pantai Indah, letaknya di sekitar penginapan Putri Duyung.

Menurut informasi dari petugas, terdapat juga fasilitas tambahan sewaktu Gondola melintasi stasiun B, berupa sensasi terbang di angkasa dengan menikmati keindahan nuansa ”Hutan Nusantara”.

"Katanya bisa menguji keberanian melihat indahnya beragam pepohonan dan binatang yang ada di hutan Indonesia dari angkasa di Stasiun B, tapi tadi kami cuma melewati saja. Pintu otomatis di gondola-nya sih terbuka, tapi kami enggak ke luar," kata Kayla.

Sementara itu Komunikasi Korporat Taman Impian Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho mengatakan pada H+1 lebaran, hingga pukul 16.00 WIB, jumlah kunjungan wisatawan mencapai 77 ribu orang.

Jika sesuai dengan tren pengunjung tahun lalu, manajemen Taman Impian Jaya Ancol memprediksi jumlah pengunjung pada hari kedua Lebaran 2024 bisa mencapai 80 ribu. Jumlah itu berpotensi terus bertambah hingga akhir pekan libur Lebaran.

"Tahun lalu itu puncak kunjungan terjadi pada hari kedua (H+1), hari ketiga (H+2), hari keempat (H+3) lebaran. Tahun ini pun kami memprediksikan hal yang sama di hari ini, hari kedua hingga nanti hari Sabtu, kami memprediksi akan terjadi puncak kunjungan dari wisatawan yang ingin merayakan Lebaran di Ancol," kata Eko.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024