Natuna (ANTARA) -
Basarnas menyiagakan personel di objek wisata Pulau Senoa, di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau yang merupakan salah satu pulau terluar Indonesia.
 
Kepala Kantor Basarnas Kabupaten Natuna Abdul Rahman di Natuna, Minggu, mengatakan tujuan disiagakan personel di pulau tersebut adalah untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat yang berlibur di sana.
 
"Setelah kita melihat ada peningkatan kunjungan di sana, maka hari ini kita putuskan untuk menyiagakan personel," ucap dia.
 
Adapun jumlah personel yang disiagakan sebanyak tiga orang lengkap dengan peralatan keselamatan.
 
"Kita kerahkan satu unit Rigid Inflatable Boat (RIB) 01 Natuna lengkap dengan sejumlah alat keselamatan lainnya meliputi Ring Bouy, Lifejacket serta P3K guna mendukung pelaksanaan pengamanan lokasi wisata di tengah ramainya pengunjung," ujar dia.
 
Selain di Pulau Senoa pihaknya juga menyiagakan personel di Pantai Tanjung dan mengerahkan personel untuk memantau pantai lainnya yang ada di Natuna.
 
"Sehari sebelumnya, Sabtu (13/4), kita juga mobilisasi personel di sejumlah lokasi wisata di Kabupaten Natuna, meliputi Pantai Sujung dan Pantai Tanjung Natuna, Pulau Karang Aji di Serasan dan Pulau Sebetul di Pulau Laut," imbuh dia.
 
Tidak hanya di Kabupaten Natuna, pihaknya melalui Pos SAR Anambas dan Unit Siaga SAR Jemaja juga mengerahkan personel untuk memantau tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Anambas, seperti wisata Air Terjun Temburun dan Pantai Padang Melang.
 
Dalam memantau dan memberikan kenyamanan serta keamanan di tempat wisata, pihaknya tidak bekerja sendiri melainkan dibantu oleh para pemangku kepentingan di setiap daerah baik Natuna maupun Anambas.
 
Ia mengingatkan masyarakat untuk selalu berhati-hati saat beraktivitas di objek wisata.
 
"Tentu ada sejumlah lokasi wisata yang belum terkover oleh kita dalam pelaksanaan siaga SAR Khusus ini, maka perlu menjadi perhatian kita bersama untuk saling menjaga serta memberikan imbauan keselamatan," pinta dia.

Baca juga: BPBD mencatat 18 korban meninggal dampak longsor di Toraja

Baca juga: Basarnas Kendari cari pria yang hilang di hutan Konawe Selatan

Pewarta: Muhamad Nurman
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024