Bogor (ANTARA) -
Berbagai peristiwa politik kemarin, Minggu (15/4), menjadi sorotan, diantaranya pengamat politik mendorong para elit melakukan rekonsiliasi nasional hingga pendapat pakar soal WFH dan WFO bagi ASN setelah libur Lebaran 2024.
 
Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:
 
 
1. Pengamat dorong rekonsiliasi nasional usai pemilu 2024
 
Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara mendorong para elit politik, untuk melakukan rekonsiliasi nasional usai Pemilu 2024.
 
Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, dia mengatakan para elite partai politik (parpol) maupun calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang kalah, mau melakukan rekonsiliasi nasional demi menjaga persatuan bangsa.
 
"Presiden Jokowi dan presiden terpilih Prabowo Subianto telah menunjukkan sikap kenegarawanan, setelah selesai berkontestasi dengan menjadi satu kekuatan untuk memajukan bangsa," jelasnya.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
2. Puan minta petugas siaga hadapi puncak arus balik Lebaran 2024
 
Ketua DPR RI Puan Maharani meminta petugas dari instansi terkait terus siaga dalam menghadapi puncak arus balik Lebaran 2024.
 
"Saya meminta pihak-pihak yang bertugas terus siaga membantu keamanan dan kelancaran para pemudik sampai arus balik selesai,” kata Puan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.
 
Puan mengimbau pula kepada para pemudik untuk berhati-hati saat melakukan perjalanan pulang dari kampung halaman.
 
Baca selengkapnya di sini.

3. Pengamat nilai PDIP sulit imbangi figur Bobby Nasution di Sumut
 
Pengamat politik Universitas Sumatera Utara (USU) Indra Fauzan PhD menilai PDIP kesulitan mengimbangi figur Wali Kota Medan Bobby Nasution di Sumatera Utara (Sumut).
 
"Kalau menutup diri dari Bobby, PDIP harus punya kader internal yang bisa mengimbangi figur Bobby Nasution," papar Indra di Medan, Minggu.
 
Sebab, lanjut dia, prestasi Bobby Nasution bersama Aulia Rachman yang dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan pada 26 Februari 2021 cukup membanggakan.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
3. Ketua MPR apresiasi Hendropriyono bangun replika Kraton Majapahit
 
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo mengapresiasi gagasan mantan Kepala Badan Intelijen Negara A.M. Hendropriyono yang membangun replika Kraton Majapahit Jakarta di kawasan Cipayung, Jakarta Timur.
 
"Keberadaan Kraton Majapahit Jakarta ini sangat dibutuhkan oleh generasi muda Indonesia untuk mempelajari sejarah bangsa Indonesia," kata Bamsoet, sapaan akrabnya, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.
 
Kraton Majapahit Jakarta merupakan replika dari sebagian Istana Raja Majapahit yang pernah ada di Jawa Timur pada tahun 1292 hingga 1526 Masehi.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
4. Pakar: Penerapan WFH dan WFO bagi ASN merupakan kebijakan responsif
 
Pakar kebijakan publik Universitas Jenderal Soedirman Prof Slamet Rosyadi menilai penerapan tugas kedinasan dari kantor (work from office/WFO) dan tugas kedinasan dari rumah (work from home/WFH) bagi aparatur sipil negara seusai cuti bersama merupakan kebijakan responsif.
 
"Artinya dengan adanya kondisi seperti ini 'kan memang akan menjadi lebih baik kalau pemerintah memberikan kebijakan WFH kepada mereka yang sedang menuju Jakarta atau tempat bekerja di kota-kota lainnya, apalagi pola kerja WFH sudah kita kenal," kata Prof Slamet Rosyadi di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu.
 
Bahkan, kata dia, WFH menjadi salah satu alternatif pola kerja pegawai tanpa harus kehilangan produktivitas.
 
Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024