Tujuan pelatihan ini adalah untuk memahami fitur-fitur yang disediakan oleh Envizi, mulai dari pengambilan data secara otomatis, pemantauan data di setiap lokasi kerja, hingga pembuatan laporan ESG
Jakarta (ANTARA) - BUMN PT Sucofindo mengikuti pelatihan International Business Machines Corporation (IBM) Envizi ESG Suite yang diselenggarakan oleh International Business Machines Corporation (IBM) di Singapura.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan layanan konsultansi Environmental, Social, dan Governance (ESG).

“Tujuan pelatihan ini adalah untuk memahami fitur-fitur yang disediakan oleh Envizi, mulai dari pengambilan data secara otomatis, pemantauan data di setiap lokasi kerja, hingga pembuatan laporan ESG dan penerbitan data dalam format yang sesuai dengan alur kerja yang terintegrasi serta transparansi data,” kata Direktur Layanan Industri PT Sucofindo Budi Utomo di Jakarta, Senin.

Layanan konsultansi ESG mendorong praktik berkelanjutan dan memfasilitasi investasi pada proyek mitigasi dan adaptasi perubahan iklim untuk mendukung pencapaian target Enhanced Nationally Determination Contribution (ENDC) dalam pengurangan emisi.

Layanan itu juga dapat membantu perusahaan dalam pembuatan roadmap ESG, di mana nantinya sebagai landasan perusahaan dalam mengimplementasikan ESG secara berkelanjutan, dengan orientasi pada people, planet, and profit.

“Kami pun menyediakan pelatihan terkait ESG guna meningkatkan kesadaran (awareness) terhadap dan membantu perusahaan dalam memahami dan mengimplementasikan ESG di setiap proses bisnis,” jelas Budi.

Sementara Envizi merupakan rangkaian ESG berbasis SaaS (Sofware as a Services) yang mampu menyederhanakan temuan, konsolidasi, manajemen dan analisis keberlanjutan data yang dalam satu kesatuan sistem pencatatan.

Dengan begitu, pelatihan tersebut dapat membantu Sucofindo memberikan layanan kepada pelanggan lebih efisien dan akurat.

PGS Vice President of SBU Sertifikasi dan Ecoframework PT Sucofindo, Uus Usman mengatakan Envizi memiliki potensi sebagai alat untuk membantu tim verifikator PT Sucofindo untuk melakukan verifikasi data dalam waktu yang lebih singkat dan akurat sehingga akan mengurangi kemungkinan kesalahan dalam pelaporan data.

“Kami optimistis PT Sucofindo mampu mendukung para stakeholder dalam mengharmonisasikan bisnis dengan implementasi keberlanjutan lingkungan, sosial tata kelola yang baik melalui layanan jasa validasi dan verifikasi gas rumah kaca (GRK),” ujar dia.

Baca juga: Sucofindo persiapkan UMKM untuk tembus pasar dunia
Baca juga: 'Holding group' BUMN jasa survei dukung sistem perdagangan karbon
Baca juga: Kapal Pelni raih sertifikasi pangan dari Sucofindo


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024