... 40 persen proses pembangunan kembali masjid tersebut merupakan kontribusi dari umat kristiani setempat... "
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah, Irman Gusman, didampingi anggota DPD, Sarah L Mboeik, dan Ferdinanda WI Yatipay, menerima kedatangan Panitia Natal Nasional 2013, yang dipimpin ketua umumnya, Balthazar Kambuaya, Selasa. 

Gusman menyatakan, "Kedamaian itu indah, kerukunan antar masyarakat tanpa melihat perbedaan agama, suku dan etnis harus terus ditanamkan. Keberagaman bukanlah halangan dalam memajukan kehidupan bangsa."

Kedatangan Panitia Natal Nasional 2013 ini membicarakan rencana perayaan Natal pada 2013. Gusman berharap agar Natal 2013 membawa kedamaian untuk bangsa Indonesia yang tengah dirundung berbagai persoalan.

Dia mencontohkan keindahan kerukunan yang dia temui di sejumlah daerah, di mana umat kristiani dan muslim dapat bahu-membahu menyelesaikan persoalan.

"Di Maluku, saya pernah kunjungi satu masjid yang rusak dan ternyata 40 persen proses pembangunan kembali masjid tersebut merupakan kontribusi dari umat kristiani setempat," ujar Gusman.

Sementara itu, Mboeik yang asal Pulau Rote, NTT, antusias akan menghadiri perayaan Natal Nasional 2013. Ia berharap dapat terlibat dalam kegiatan bakti sosial yang akan diadakan panitia Natal, terutama di NTT, yang merupakan kampung halamannya.

Kambuaya dalam pernyataan, mengatakan, penyelenggaraan puncak perayaan Natal 2013 akan digelar pada 27 Desember mendatang. 

"Kami mengambil tema Datanglah Ya Raja Damai, serta subtema Bersama-sama mewujudkan damai berkeadilan dalam konteks kemajemukan, lingkungan hidup, dan demokrasi," katanya.

Menurut Balthasar, sebelum perayaan berlangsung, panitia mengadakan kegiatan bakti sosial di sejumlah daerah seperti di kawasan Sungai Ciliwung Jakarta, Tasikmalaya dan beberapa daerah yang terkena bencana di Indonesia.

"Ke depan, rencana bakti sosial juga akan dilakukan di NTT dan Papua," ujar Balthasar.

Menurut rencana, presiden, menteri-menteri kabinet, para tokoh lintas agama dan ribuan umat kristiani akan menghadiri perayaan kelahiran Yesus Kristus Sang Raja itu. 

Pewarta: Lia W Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013