Medan (ANTARA News) - UNESCO akan membangun water treatment di Medan Utara dalam upaya pengadaan air bersih di daerah itu dengan memanfaatkan air dari Sungai Deli.

Asisten Director Water Resource Planing UNESCO Dr Tariq Rana di Medan, Kamis, mengatakan pihaknya akan melakukan program pengadaan air bersih di Kota Medan, khususnya di Medan Utara.

"Hari ini kita akan melakukan kunjungan ke lapangan melihat kondisi Sungai dan juga kondisi lapangan, dan hasilnya ini nanti akan kami informasikan kepada Pemerintah Kota Medan," katanya.

Sekretaris Daerah Pemkot Medan Syaiful Bahri dalam kesempatan itu meminta kepada pihak UNESCO melakukan studi kelayakan baik dari segi ekonomi, fisik, kondisi sungai dan jumlah kebutuhan yang diperlukan, karena nantinya air bersih tersebut selain dimanfaatkan masyarakat , juga industri dan pelabuhan.

"Nantinya sasaran distribusi air bersih ini kepada masyarakat, industri dan pelabuhan. Untuk itulah diharapakan nantinya produksi air bersihnya harus mampu mencapai 1000 liter/detik," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013