Jakarta (ANTARA) -
Masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi tidak hanya berdampak buruk pada individu tetapi juga menyebabkan hilangnya produktivitas.
 
Psikolog dewasa Chuck Schaeffer Ph.D melalui laman Psychology Today, Senin (29/4), menyarankan empat praktik untuk menjaga kesehatan mental dan meningkatkan kekuatan mental Anda baik di tempat kerja maupun di rumah.
 
1. Prioritaskan latihan harian
 
Saat Anda ingin meningkatkan daya ingat, meningkatkan regulasi emosi, meningkatkan perhatian di kemudian hari tanpa secangkir kopi, atau bahkan jika Anda ingin mencegah demensia dan penyakit Alzheimer, latihan fisik secara konsisten menjaga kesehatan mental dan kebugaran Anda.
 
Saat Anda berlatih olahraga setiap hari, Anda memulihkan otak dan sistem saraf untuk mengatasi stres dan melindungi diri dari depresi dan kecemasan.
 
Olahraga ke gym atau hanya berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah Anda setiap hari seiring berjalannya waktu sistem saraf belajar memperkuat otak, meningkatkan kekuatan rem vagal, atau sistem menenangkan, sehingga Anda dengan cepat mengatasi rasa cemas dan panik tanpa harus memikirkannya.

Baca juga: Anjuran dokter, stop ukur kebahagiaan berdasarkan standar orang lain
 
2. Ukur suhu emosional
 
Kemampuan Anda untuk memahami dan memprediksi emosi sepanjang hari dapat berdampak signifikan pada kesejahteraan finansial dan emosional. Dengan mendedikasikan hanya lima menit setiap hari untuk merenungkan keadaan emosi saat ini dan apa yang mungkin memengaruhinya, Anda dapat meningkatkan kecerdasan emosional. 
 
Merasakan banyak emosi pada saat yang sama adalah hal yang biasa, jadi jangan khawatir untuk berfokus pada satu emosi saja. Cobalah memberi label sebanyak yang Anda bisa rasakan saat mengukur suhu emosi. 
 
Kunci untuk mengukur suhu emosi adalah belajar menerima emosi apa pun yang Anda rasakan tanpa menghakimi. Penerimaan dapat dibangun seperti otot—semakin sering Anda berlatih mengukur suhu emosi, semakin mudah penerimaannya.

Baca juga: Psikolog ingatkan pentingnya jaga kesehatan mental bagi kehidupan
 
3. Berlatih jalan mindfulness
 
Latihan mindfulness adalah aktivitas apa pun yang Anda lakukan yang memungkinkan memusatkan perhatian pada satu hal tanpa menghakimi.
 
Praktik mindfulness bisa seperti kamp pelatihan kebugaran mental yang menambah lapisan otot yang kuat pada sistem saraf, meningkatkan fleksibilitas dan ketahanan mental sehingga dapat mengatasi kecemasan dan stres secara efektif.
 
Saat melatih mindfulness, Anda melatih sistem saraf untuk lebih cepat tenang, rileks, dan memfokuskan pikiran saat sedang dilanda stres dan kecemasan. 
 
Anda hanya perlu meluangkan waktu lima menit untuk berjalan sendiri melewati ruang hijau seperti halaman belakang rumah, taman, atau lapangan atletik. Dikenal sebagai jalan penuh kesadaran, ini adalah praktik berjalan perlahan dan memperhatikan sensasi berbeda di tumit, lengkungan, dan jari kaki saat Anda mengambil satu langkah dan kemudian satu langkah lagi.
 
Jika Anda ingin lebih mudah fokus, lepaskan kaus kaki dan sepatu dan perhatikan tekstur dan perasaan rumput yang berbeda saat kaki menyentuh tanah dalam satu langkah. 

Baca juga: Lima latihan untuk membakar lemak saat musim panas
 
4. Mendapatkan akses kesehatan mental fisik
 
Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kekuatan mental adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik kesehatan mental tahunan dari penyedia kesehatan mental berlisensi seperti konselor, terapis, atau psikolog.
 
Anda perlu memantau kesehatan mental untuk melacak dan membantu  mengatasi kesulitan atau masalah apa pun yang mungkin Anda temui.
 
Anda bahkan dapat memulai pengobatan perilaku seperti terapi untuk membantu mengatasi kecemasan dan depresi sehingga Anda dapat berkembang di tempat kerja dan di rumah.

Baca juga: Naik lebih dari lima anak tangga sehari punya manfaat buat jantung

Baca juga: Lima kekuatan positif tertawa untuk tubuh Anda

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024