Serang, Banten (ANTARA News) - Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Banten guna membahas calon daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Cibaliung yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Pandeglang.

"Kunjungan kerja resmi dari Komite I DPD ini untuk membahas dan melihat kesiapan dan kelayakan wilayah Cibaliung yang akan menjadi DOB baru sebagai pemekaran dari Kabupaten Pandeglang," kata Wakil Ketua Komite I DPD RI Abdurachman di Serang, Senin.

Ia menilai wilayah Kabupaten Pandeglang yang luas seringkali mempersulit pemerintah untuk memberi pelayanan kepada seluruh masyarakat hingga ke pelosok.

Tujuan lain dari suatu pemekaran wilayah, kata dia, adalah untuk pemerataan pembangunan.

Abdurachman mengatakan pihaknya telah membahas dalam rapat pleno DPD dengan Komisi II DPR terkait masalah pemekaran calon DOB Cibaliung itu dari Kabupaten Pandeglang.

"Kami dari DPD mendorong untuk mempercepat pemekaran Kabupaten Cibaliung ini untuk peningkatan kesejahteraan rakyat di daerah tersebut," katanya.

Komite I DPD juga bertemu dengan Bupati Pandeglang, DPRD Banten, dan DPRD Pandeglang guna meminta beberapa masukan dan pendapat mengenai rencana pemekaran calon DOB Cibaliung dari Kabupaten Pandeglang.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013