Hal ini sejalan dengan fokus perseroan untuk meningkatkan financial inclusivity pada UMKM khususnya yang ada di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - PT Venteny Fortuna International Tbk mencatatkan peningkatan pendapatan pada kuartal I tahun 2024 senilai Rp39,6 miliar atau meningkat sebesar 22 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Melalui keterangan persnya di Jakarta, Senin, Founder dan Group CEO Venteny Jun Waide mengatakan bahwa layanan business to business (B2B) financial service masih menjadi penyumbang pendapatan terbesar, yaitu senilai Rp25,1 miliar.

"Hal ini sejalan dengan fokus perseroan untuk meningkatkan financial inclusivity pada UMKM khususnya yang ada di Indonesia," kata Jun Waide.

Perusahaan mencatat, teknologi yang dikembangkan oleh Venteny untuk mendigitalisasi sistem bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga menjadi faktor lainnya yang memberikan stimulus kinerja positif di tiga bulan pertama tahun ini.

Hal tersebut tercermin melalui peningkatan pesat dari pendapatan penjualan pengembangan produk teknologi informasi yang menyumbangkan Rp7,6 miliar pada kuartal I 2024 atau tumbuh 117 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Selain itu, layanan business to business to employee (B2B2E) Venteny Employee Super App juga turut menyumbang pendapatan sebesar Rp6,9 miliar di kuartal pertama tahun ini.

Dalam laporan keuangan perusahaan yang dipublikasikan pada 26 April 2024, perusahaan berbasis teknologi itu mencatatkan peningkatan laba komprehensif tahun berjalan sebesar Rp5,6 miliar atau naik sebesar 66 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Menurut perusahaan, Venteny telah menyalurkan pendanaan ke lebih dari 9.600 UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki lebih dari 300.000 anggota eksklusif (exclusive member).

Pendanaan produktif (growth funding) bagi pelaku UMKM di sepanjang tahun 2023 telah disalurkan Venteny senilai Rp1,5 triliun. Menurut perusahaan, hal ini turut memberi dampak positif pada laporan keuangan perusahaan di awal tahun 2024.

"Hasil positif ini meningkatkan optimisme kami terhadap pertumbuhan perusahaan secara konsisten. Kami percaya bahwa pencapaian ini bukan hanya kemenangan bagi perusahaan, namun juga bagi seluruh masyarakat yang menerima manfaat melalui layanan kami," kata Jun Waide.

Dengan capaian kinerja positif di tiga bulan pertama tahun ini, perusahaan meyakini Venteny semakin memperkuat posisinya sebagai pemimpin industri di layanan pendanaan produktif melalui growth funding dan pemberdayaan sumber daya manusia melalui Venteny Employee Super App.

Jun Waide mengatakan, pihaknya yakin bahwa keberhasilan di kuartal I 2024 tersebut tidak lepas dari dukungan dan kepercayaan yang diberikan berbagai pihak kepada Venteny. Selanjutnya, Venteny berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi keuangan yang inovatif dan berkelanjutan untuk menjembatani financing gap serta menjawab tuntutan pasar yang terus berubah untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan untuk Indonesia yang lebih kuat.

Baca juga: Kopel Bulog gandeng Venteny tingkatkan kesejahteraan karyawan
Baca juga: Venteny akuisisi perusahaan P2P Lending Lahan Sikam

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024