Jakarta (ANTARA) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bersama federasi sepak bola Belanda (KNVB) sepakat menjalin kerja sama untuk pembinaan talenta muda sepak bola Indonesia.

"PSSI dan KNVB ingin membuat program pembinaan untuk grassroots sepak bola Indonesia," demikian keterangan Ketua Umum PSSI Erick Thohir melalui akun instagram pribadi: @erickthohir yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Program pembinaan yang dibahas bersama dalam pertemuan antara Erick Thohir dengan Sekretaris Jenderal KNVB Gijs de Jong.

Kedua pihak juga sepakat mengagendakan kedatangan Timnas Belanda mulai dari senior, junior, hingga timnas sepak bola putri untuk bermain dengan Timnas Indonesia.

"Mereka akan datang secara bergantian di setiap tahun," ujarnya.

Ia menambahkan, selain itu kerja sama juga dalam hal membuat program yang bisa meningkatkan kualitas liga Indonesia dari segi manajemen.

Baca juga: Shin Tae-yong akan bertemu Erick pekan depan untuk bahas kontrak baru

Sebelumnya, Erick mengatakan, upaya meningkatkan prestasi sepak bola Indonesia akan terus dijalankan agar ke depan semakin banyak prestasi yang bisa dicapai untuk membanggakan Indonesia.

"Persaingan ke depan semakin ketat dan penuh tantangan. Tetap kerja keras dan pantang menyerah," ujarnya.

Pembangunan sepak bola Tanah Air, kata doa, tidak dilakukan dengan biasa-biasa saja (out of the box) karena sepak bola melibatkan mentalitas.

Untuk itu lah, kata dia, pihaknya juga pernah mendatangkan Argentina ke Indonesia untuk bertanding melawan timnas dengan permainan yang masih sangat muda saat itu.

"Ketika kami bisa menghadapi Argentina, kami bisa menghadapi siapa pun," katanya.

Baca juga: PSSI nantikan tiga pemain naturalisasi di kualifikasi Piala Dunia 2026

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024