... semangat Natal 2013 yang suci ini, MUI mengajak umat Kristiani untuk mewujudkan persaudaraan antarumat beragama, terutama NTT... "
Kupang (ANTARA News) - Ketua Majelis Ulama Indonesia NTT, Abdul Kadir Makarim, telah mengelurkan instruksi ke seluruh mesjid, yang intinya meminta para pemuda muslim setempa membantu mengamankan perayaan Natal 2013.

"Para pemuda muslim sudah kami siapkan. Mereka akan membantu pemuda gereja mengamankan rumah-rumah ibadah pada malam Perayaan Natal 24-25 Desember," kata Makarim, di Kupang, Senin.

Dia mengemukakan hal itu, menjawab pertanyaan seputar peran MUI, tokoh-tokoh muslim dan pemuda muslin untuk membantu menjaga keamanan menjelang hingga puncak perayaan Natal di seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur.

Makarim juga mengharapkan, tidak saja pemuda muslim yang diberi peran, tetapi seluruh umat beragama di daerah ini harus bahu-membahu menjaga kerukunan di daerah ini, yang sudah terjaga dan terbina selama ini.

Dalam menjaga keamanan, kata Makarim, seluruh pemuda dan komponen masyarakat terkait, untuk tetap saling menjaga dan tidak boleh terprovokasi dengan isue-isue apapun yang bertujuan memecahbelah.

"Jika ada hal-hal yang mencurigakan, supaya segera melaporkan kepada pemerintah dan aparat keamanan terdekat untuk mendapat penanganan. Jangan mengambil tindakan sendiri," kata Makarim.

Menurut dia, seluruh umat beragama di NTT harus menjaga nilai-nilai kebersamaan, kekeluargaan dan kerukunan yang sudah terjaga baik.

Pada momentum ini, MUI NTT juga menyampaikan selamat bagi saudara-saudara umat kristiani dimana saja berada yang merayakan hari Raya Natal 25 Desember 2013 dan Tahun Baru 2014 bagi seluruh umat beragama di Indonesia.

"Dengan semangat Natal 2013 yang suci ini, MUI mengajak umat Kristiani untuk mewujudkan persaudaraan antarumat beragama, terutama NTT," katanya.

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013