Kalau online tidak banyak yang bisa digali (informasinya). Kalau kita, orang Indonesia kan lebih percaya kalau bisa ngomong langsung dengan pihak agennya, bisa dipercaya atau tidak."
Jakarta (ANTARA News) - Calon pelanggan umumnya lebih banyak memesan tiket perjalanan pada agen travel dengan cara datang langsung ke kantor agen travel dibandingkan memesan via internet atau online. 

"Kalau online tidak banyak yang bisa digali (informasinya). Kalau kita, orang Indonesia kan lebih percaya kalau bisa ngomong langsung dengan pihak agennya, bisa dipercaya atau tidak. Biar enggak seperti beli kucing dalam karung," kata Sales and Travel Consultant dari Travindo Multi Express, Vina Oktania Sima saat ditemui di kawasan Pecenongan, Jakarta, Senin. 

Support Departement TX Travel, Bimo Kuncoro juga mengatakan hal serupa. Menurutnya, sekalipun orang-orang di zaman sekarang ini sudah tanggap teknologi, tetapi dalam memesan tiket perjalanan umumnya masih banyak yang datang langsung ke kantor agen travel tertentu atau memesan lewat telepon. 

"Kalau datang langsung atau lewat telepon kan tinggal terima beres. Pemesan tidak perlu repot-repot mencari sendiri. Kalau online mereka harus cari sendiri, bayar sendiri, akhirnya jadi memakan waktu lama." ujar Bimo. 

Sekalipun demikian, Vina mengatakan untuk beberapa tahun ke depan kecenderungan calon pelanggan akan memesan tiket tour lewat internet atau online. 

"Backpacker semakin lama semakin banyak mereka mencari online dulu karena bisa bandingkan paket di agen yang satu dengan yang lain," ujarnya.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013