Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Utara tetap bertekad untuk merangkul tokoh agama guna memperkuat keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di daerah setempat.

"Semangat mereka memunculkan energi positif dan sangat terlihat saat pemilu lalu, baik secara langsung maupun tidak langsung. Ini akan dipertahankan,” kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan saat Halal bi Halal dengan Da'i Kamtibmas di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan hadirnya mereka sangat berpengaruh kuat menciptakan suasana yang aman, nyaman dan harmonis.

Menurut dia, peran serta mereka dalam membantu dan menciptakan suasana yang damai saat pemilu yang lalu.

“Keberadaan kita bersama mampu mempengaruhi dan menciptakan suasana yang harmonis,” katanya.

Baca juga: Polisi ajak warga Jakut ikut jaga keamanan di lingkungan masing-masing

Ia mengucapkan terima kasih untuk keluarga besar Da’i Kamtibmas Polres Metro Jakarta Utara yang telah berperan dalam menjaga wilayah tetap kondusif.

"Kegiatan ini menjadi penyemangat yang mendatangkan keberkahan bagi semua yang hadir," kata dia.

Menurut dia, seluruh elemen masyarakat berperan menjaga lingkungan agar tercipta situasi kamtibmas yang kondusif.

Dirinya berharap komunikasi antar warga dapat berjalan dengan baik sehingga mudah dalam menciptakan kondisi lingkungan yang terjaga dengan aman dan tertib.

“Jalin komunikasi dan sinergi antar warga maupun dengan perangkat daerah sehingga bersama-sama menekan terjadinya aksi kriminal," kata dia.

Baca juga: Polda Metro Jaya ajak masyarakat jaga kamtibmas usai Pemilu 2024

Dirinya juga mengajak warga untuk menjaga anak-anaknya agar tidak ikut-ikutan melakukan tindak pidana seperti tawuran maupun balap liar.

"Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Karang Taruna, Kelompok Sadar Kamtibmas, Mitra Jaya, Ormas, maupun LSM dapat saling bekerja sama dan komunikasi dengan baik, katanya.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024