Jakarta (ANTARA) - Induk Koperasi Unit Desa (INKUD), organisasi nasional untuk jaringan koperasi unit desa di Indonesia, belum lama ini menjalin kerja sama baru dengan dua perusahaan pertanian dan peternakan asal China untuk peningkatan ketahanan pangan nasional.

"China memiliki teknologi dan infrastruktur yang maju dalam bidang pertanian dan pangan. Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat mengadopsi teknologi tersebut untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produk pangan di Indonesia," kata Ketua Umum INKUD Portasius Nggedi dalam keterangan resminya.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan dalam kunjungan kerja INKUD ke Guangzhou pada Senin (20/5). Ini mencakup kerja sama dengan perusahaan Beidahuang Wandashaw Dairy industry dalam pengembangan pabrik pengolahan susu, serta dengan Jidong County Huaguan Rice Industry untuk kerja sama penggilingan padi di Indonesia.

Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan investasi sehingga akan turut membantu petani dan peternak di Indonesia.

INKUD juga berencana memperluas kerja sama dengan industri China lainnya, terutama untuk pembangunan pabrik mesin pertanian dan penanaman tebu serta pabrik gula di Indonesia.

Jalinan kerja sama ini juga bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam mencapai ketahanan pangan nasional.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024