Kemenangan tersebut memberikan saya peluang untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024
Pontianak (ANTARA) - Atlet panjat tebing nasional asal Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Veddriq Leonardo, menyatakan siap berjuang ke ajang Olimpiade Paris 2024 setelah sebelumnya sukses menjuarai seri kualifikasi Olimpiade di Shanghai, China.

"Saya tentu sangat bersyukur karena berhasil lolos pada seri kualifikasi Olimpiade di Shanghai, China pada Sabtu, 18 Mei 2024 kemarin. Apa lagi bisa menjuarai ajang tersebut, tentu ini luar biasa bagi saya," kata Vedderiq di Pontianak, Kamis.

Dia mengatakan, pada seri kualifikasi Olimpiade tersebut dirinya berhasil mencatatkan waktu terbaik di kategori speed dengan waktu 4,83 detik, mengalahkan pemanjat tebing nomor satu dunia, Peng Wu, dan mengumpulkan 50 poin.

Baca juga: Veddriq Leonardo sabet emas dalam kualifikasi Olimpiade di China

"Dengan kemenangan tersebut memberikan saya peluang untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024, namun, masih ada seri berikutnya yang harus saya ikuti di Budapest, Hongaria. Semoga saya bisa tampil dengan maksimal," tuturnya.

Terkait hal tersebut, Veddriq mengatakan saat ini dirinya terus melakukan persiapan dengan latihan rutin, agar mampu memberikan yang terbaik untuk keluarga dan negaranya.

Terpisah Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari, mengungkapkan rasa syukur dan memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih Veddriq di Seri Kualifikasi Olimpiade Paris 2024 di Shanghai.

Baca juga: FPTI ungkap hasil yang diraih kontingen Indonesia sesuai target

"Kami mengajak seluruh masyarakat Kalbar untuk memberikan doa dan semangat kepada para atlet Kalbar yang telah berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional," kata Windy.

Windy juga mendukung penuh Veddriq agar dapat melaju mulus menuju Olimpiade Paris 2024, bersama atlet balap sepeda, Bernard Benyamin Van Aert.

"Alhamdulillah, kesuksesan pada seri pertama ini menempatkan Veddriq dalam posisi aman untuk lolos ke lima besar peringkat Seri Kualifikasi Olimpiade," tambahnya.

Windy menekankan bahwa keberhasilan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kalimantan Barat yang memiliki dua atlet yang berpeluang tampil di Olimpiade Paris 2024.

"Saya berharap ini menjadi inspirasi bagi generasi muda di Kalimantan Barat untuk meraih mimpi dan prestasi tertinggi di bidang olahraga," kata Windy.

Baca juga: FPTI targetkan tambahan atlet ke Olimpiade lewat kejuaraan di China
Baca juga: KOI ungkap kunci sukses panjat tebing di Kualifikasi Olimpiade

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024