Moskow (ANTARA) - Kementerian Pertahanan China pada Jumat menyebut latihan yang diadakan di sekitar Taiwan "sesuai hukum, sah, dan diperlukan,” dengan mengatakan latihan tersebut bertujuan untuk menindak pasukan separatis di pulau itu.

Sebelumnya pada Kamis, angkatan bersenjata China meluncurkan latihan militer dua hari di sekitar Taiwan yang melibatkan pasukan darat, angkatan laut, udara, dan rudal untuk menguji kesiapan tempur pasukan.

Latihan tersebut dimulai tiga hari setelah pemimpin baru pulau itu, Lai Ching-te, yang diperkirakan melanjutkan upaya pendahulunya Tsai Ing-wen mendorong kemerdekaan pulau itu, mulai menjabat.

“Latihan militer di sekitar Taiwan bertujuan untuk menindak arogansi kekuatan separatis ‘kemerdekaan Taiwan,' dan mencegah campur tangan dan intervensi kekuatan eksternal, yang sepenuhnya masuk akal, sesuai hukum, sah, dan diperlukan,” kata juru bicara kementerian tersebut, Wu Qian pada konferensi pers.

Wu mengatakan Taiwan merupakan bagian dari wilayah China, yang berarti bahwa penyelesaian krisis di pulau itu juga merupakan urusan dalam negeri China.

Ia menambahkan bahwa tentara China akan mempertahankan kedaulatan negara dan integritas wilayahnya dengan tindakan nyata.

“Dengan setiap provokasi kekuatan separatis ‘kemerdekaan Taiwan’, tindakan penanggulangan akan maju selangkah lebih maju hingga reunifikasi penuh tanah air terwujud,” kata Wu.

Pada Jumat, Penjaga Pantai China juga melakukan latihan penegakan hukum di perairan timur Taiwan untuk mengecek kemampuan patroli bersama dan tanggap darurat, menurut laporan media China.

Taiwan memiliki pemerintahan secara independen dari daratan China sejak tahun 1949.

Beijing memandang pulau itu sebagai provinsinya. Sementara Taiwan, dengan pemerintahan terpilihnya sendiri, menyatakan ia adalah negara otonom.

Beijing menentang kontak resmi negara asing dengan Taipei, dan menganggap kedaulatan China atas pulau itu tidak dapat disangkal.

Sumber: Sputnik-OANA

Baca juga: Pemimpin Taiwan temui tentara di tengah latihan besar militer China
Baca juga: China: latihan militer di sekitar Taiwan untuk menindak separatis

Penerjemah: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024