Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo yakin Spartan Race Jakarta menjadi cabang olahraga favorit baru yang digemari pecinta lari halang rintang.

Dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta, Sabtu, Dito menyambut baik ajang Spartan Race di Jakartam yang dia harapkan mendorong lahirnya atlet-atlet lari halang rintang nasional berprestasi dunia, apalagi akan dipertandingkan dalam Olimpiade 2028.

"Kami merasa senang atas lomba lari halang rintang terbesar dunia seperti Spartan ini diselenggarakan di Jakarta, ini sangat menarik. Lomba lari seperti Spartan menjadi pemicu untuk menarik sebanyak mungkin kegiatan olahraga internasional di Indonesia," kata dia.

Dito ang menghadiri Awards Ceremony Spartan Race Jakarta 2024 di Carnaval Ancol, menyatakan pemerintah akan berperan, berpartisipasi, dan bertindak sebagai konsultan dalam perencanaan acara di kota tuan rumah.

Itu mencakup dukungan dalam berbagai aspek, mulai dari penyusunan rencana, pelaksanaan, hingga evaluasi kegiatan.

"Pemerintah mendukung dan hadir untuk debutnya Spartan Run di Jakarta. Obstacle run ini ke depan akan menjadi cabang olahraga yang akan mendunia," kata Dito.

Baca juga: Dito: Kejuaraan dunia barongsai di Indonesia jadi pengalaman berharga

Spartan Race Jakarta adalah event kedua dalam seri South ASEAN, yang meliputi tiga negara yaitu Malaysia, Indonesia, dan Singapura. 

Event itu menjadi kualifikasi untuk kejuaraan Spartan Race APAC di Gold Coast Australia pada September 2024.

Menpora melepas para peserta Spartan Race 2024 yang berlomba menjadi tercepat saaT melewati serangkaian rintangan YANG meliputi A-Frame, Barb Wire Crawl, Spear Throw, hingga Fire Jump.

Dito akan mengalungkan medali kepada tiga peserta tercepat.

"Dengan keterlibatan Kemenpora, kami yakin Spartan Race Indonesia akan makin sukses dan memberikan dampak positif," kata CEO Spartan Race Michael Goodwin.

Lomba melombakan empat kategori, yakni kategori Sprint Pro Champ, Spartan Sprint Competitive, Spartan Sprint Open dan Spartan Kids.

Baca juga: Kemenpora dan KORMI bahas World Walking Day di IKN

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024