Cirebon (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon, Jawa Barat, menjamin peningkatan maupun perbaikan sejumlah ruas jalan di wilayah timur Cirebon dapat dituntaskan pada akhir tahun 2024.

 
 
“Ruas jalan yang sedang ditingkatkan itu terdiri dari Jalan Bojongnegara-Kudukeras, Playangan-Bojongnegara, Sidaresmi-Pabedilan, Pasuruan-Tersana dan Panggang-Ambulu,” kata Penjabat Bupati Cirebon Wahyu Mijaya di Cirebon, Senin.

 
 
Ia mengatakan untuk merealisasikan hal tersebut dinas terkait sedang mempercepat penanganan di jalur-jalur itu, sehingga proses pengerjaan tidak ganggu mobilitas warga.

 
 
Menurut dia, penanganan ruas jalan di wilayah timur Cirebon dikerjakan secara bertahap, contohnya seperti meningkatkan kualitas material pada jalur Bojongnegara-Kudukeras yang memiliki panjang sekitar 3,7 km.

 
 
“Dalam peningkatan jalan ini, kami juga akan membuat jalan tersebut menjadi memiliki lebar 5 meter,” katanya.

 
 
Lebih lanjut, Wahyu menuturkan secara keseluruhan pihaknya telah mengalokasikan perbaikan dan peningkatan ruas jalan sepanjang 71,1 km yang dananya bersumber dari APBD Kabupaten Cirebon.

 
 
Tidak hanya perbaikan, kata dia, anggaran tersebut juga dipakai untuk pemeliharaan berkala pada ruas jalan sepanjang 42 km di Kabupaten Cirebon.

 
 
Wahyu menyampaikan peningkatan ruas jalan tersebut diharapkan bisa membantu kegiatan warga setempat, serta memperlancar aktivitas perekonomian di daerah tersebut.

 
 
Selain itu, ia juga telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan langkah antisipasi terhadap bencana banjir, yang berpotensi dapat merusak kualitas jalan utamanya di Cirebon timur.

 
 
“Peningkatan jalan ini, merupakan salah satu bentuk komitmen Pemkab Cirebon, dalam meningkatkan infrastruktur yang ada,” ujar dia.

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024