Ada kaitan antara penghargaan itu dengan terobosan Gunung Raja Paksi. Berbagai terobosan itu sangat positif dan bisa ditiru perusahaan lain,
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pakar memberikan apresiasi terhadap keberhasilan emiten baja nasional, PT Gunung Raja Paksi, Tbk (GGRP) meraih penghargaan Best Operation Income Growth dalam ajang The Best Investortrust Companies 2024.

Pakar manajemen bisnis Rhenald Kasali menilai capaian GGRP tersebut tak lepas dari berbagai terobosan yang dilakukan perusahaan, di tengah beratnya tantangan ekonomi saat ini, terutama dalam menerapkan ekonomi hijau dan berkelanjutan, serta komitmen terhadap penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG).

“Ada kaitan antara penghargaan itu dengan terobosan Gunung Raja Paksi. Berbagai terobosan itu sangat positif dan bisa ditiru perusahaan lain," kata Rhenald melalui sambungan telepon di Jakarta, Senin.

Baca juga: Peneliti: Pemerintah diharapkan mengangkat industri baja nasional

Menurut dia, saat ini muncul yang namanya investor "aktivis", yakni investor yang akan melihat berbagai sisi dari perusahaan termasuk terobosan hijau yang dilakukan dan juga kepedulian perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan, termasuk tanggung jawab sosial dan perhatian pada ekosistem.

“Dan investor-investor ‘aktivis’ ini kemudian merekomendasikan dan memutuskan apakah mereka melakukan pembelian saham atau tidak,” katanya.

Penilaian senada disampaikan pakar ekonomi bisnis, Izaac Tonny Matitaputty bahwa raihan Best Operation Income Growth dalam ajang The Best Investortrust Companies 2024, membuktikan bahwa GGRP memiliki kinerja sangat baik. " Apresiasi perlu diberikan kepada perusahaan yang berhasil seperti ini,” ujarnya.

Menurut dia, penghargaan tersebut bisa meningkatkan kepercayaan publik dan investor, pasalnya, lembaga penyelenggara seperti Investortrust.id juga mempertaruhkan nama baik ketika memberikan penghargaan.

“Artinya, perusahaan-perusahaan penerima penghargaan memang yang terbaik, termasuk Gunung Raja Paksi. Tidak mungkin award diberikan tanpa penilaian,” katanya.

Baca juga: Rumah modular baja ringan disebut jadi solusi hunian ramah lingkungan

Sebelumnya pada ajang The Best Investortrust Companies 2024 yang diselenggarakan Investortrust.id, PT Gunung Raja Paksi Tbk meraih penghargaan sebagai Best Operation Income Growth.

Menurut riset yang dilakukan tim Investortrust, GGRP mencatatkan rata-rata pertumbuhan laba tertinggi dalam tiga tahun terakhir dibandingkan dengan 266 emiten lain yang dievaluasi dalam pemeringkatan The Best Investortrust Companies 2024.

Rata-rata pertumbuhan laba operasi GGRP sebesar 645 persen dalam periode 2020-2023, hampir dua kali lebih tinggi dari pesaing terdekatnya. Rata-rata pertumbuhan laba operasi GGRP juga jauh lebih tinggi dari median pertumbuhan 266 emiten, yaitu sebesar 10,7 persen.

Pewarta: Subagyo
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024