Jakarta (ANTARA News) - Sarana komik dipilih dalam menggalakkan kampanye “Pekan Sarapan Nasional” (PESAN) tanggal 14-20 Februari yang bertujuan membangun kebiasaan sarapan sehat setiap hari.

Komik sepuluh halaman yang berisi edukasi mengenai pentingnya sarapan sehat  itu dicetak sebanyak 100 ribu buah dan distribusikan secara cuma-cuma kepada para siswa SD di 6 kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Yogyakarta, dan Makassar.

“Kami memahami bahwa komik sangat disukai oleh anak-anak. Oleh karena itu kami meluncurkan komik edukasi dengan tema sarapan sehat, agar anak-anak dapat dengan mudah memahami pentingnya sarapan melalui gambar dan cerita yang menarik, sehingga dapat menumbuhkan kesadaran dan kebiasaan sarapan sehat,” kata Country Business Manager Nestle Breakfast Cereal, Nestle Indonesia, Patrick Stillhart yang mendukung kampanye PESAN.

Sementara itu, Business Executive Manager Beverages Nestle Indonesia Prawitya Soemadijo mengatakan dalam siaran pers bahwa Nestle MILO ikut mengampanyekan pentingnya sarapan kepada anak Indonesia melalui program lima juta cup sampling ke sekolah-sekolah dan toko di seluruh Indonesia. 

Hasil Analisis Data Konsumsi Pangan dari Riset Kesehatan Dasar 2010 (Riskesdas) terhadap 35,000 anak usia sekolah menunjukkan bahwa sebanyak 44,6% anak memperoleh asupan energi kurang dari 15% kebutuhannya saat sarapan. 

Seharusnya sarapan dapat memenuhi 15-25% kebutuhan energi seseorang, karena sarapan dapat mempengaruhi daya pikir dan tingkat energi seseorang untuk beraktivitas sepanjang hari, terlebih lagi pada anak dalam masa pertumbuhan.

PESAN menjadi momentum berkala setiap tahun dengan tujuan utama memberikan informasi, mengajak dan mendorong masyarakat agar menerapkan perilaku sarapan sehat dan gizi seimbang setiap hari. 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014