Jakarta (ANTARA News) - Hasil Jajak Pembaca sebuah koran Ibu Kota edisi Maret 2014 menempatkan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Hatta Rajasa, menduduki urutan pertama yang dipilih pembaca sebagai bakal calon presiden (Capres) 2014-2019.

"Dari hampir 3.000 kupon kuis yang masuk, Hatta Rajasa dipilih pembaca sebagai tokoh yang layak menjadi Calon Presiden 2014," kata Koordinator Jajak Pembaca Nonstop Ichwan Siregar di Jakarta, Kamis.

Menurut Ichwan, dalam jajak terebut Hatta Rajasa yang juga Menko Perekonomian meraih pilihan 24 persen pembaca, disusul Menteri BUMN Dahlan Iskan (20 persen), Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto (17 persen), Ketua DPD RI Irman Gusman (11 persen), Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (9 persen).

Selanjutnya, Gubernur DKI Jakata Joko Widodo (7 persen), mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD (4 persen) dan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (1 persen). Sedangkan yang memilih capres lainnya sebesar (7 persen).

Sementara itu, Wasekjen DPP PAN Kuntum Basa menyambut baik hasil Jajak Pembaca Nonstop edisi Maret 2014 yang menempatkan Hatta Rajasa di peringkat pertama.

"Hatta Rajasa adalah tokoh semua kalangan dan memang layak untuk meneruskan kepemimpinan bangsa ke depan," ujarnya.
 
Menurut Ketua Umum Garda Muda Nasional ini, potensi Hatta sangat besar untuk memimpin bangsa ini. "Hatta sudah teruji pengalamannya dalam mengelola negeri ini. Hatta juga pengalaman di parlemen dan partai politik. Kami sangat yakin Bang Hatta adalah tokoh perubahan negeri ini," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua MPP PAN Amien Rais mengatakan, Hatta Rajasa yang paling pantas memimpin Indonesia ke depan.

"Presiden yang akan datang harus sosok yang mampu mengembalikan negara seperti yang ditelah ditentukan konstitusi. Karena jalannya pemerintahan saat ini sudah melenceng dari UUD 1945," kata Amien di sela-sela kunjungannya di Tasikmalaya, Rabu (12/3).(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014